Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Teknik Sipil > Program Studi Teknik Konstruksi Sipil > 2018

Evaluasi Metode Pelaksanaan Pekerjaan Timbunan untuk Pengendalian Mutu Struktur Perkerasan Kaku pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra Bahahueni Sidomulyo

Evaluation Method of Dump Works Implementation for the Quality Control of Rigid Pavement Structures on Trans Sumatra Toll Road Construction Project Bakauheni Sidomulyo

Tugas Akhir, 011 / 2018 / KSI
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-01-20 08:43:33
Oleh : 151121018 - Mutiara Pratama Putri - 151121027 - Savitri Nurul Syifa (mutiaraprat@yahoo.co.id, savitri.nurul@gmail.com)
Dibuat : 2020-01-20, dengan 4 file

Keyword : Toll Road, embankment, excavation, subbase, lean concrete, Rigid Pavement.
Subjek : Jalan Tol, Timbunan, Galian, Pondasi bawah, lean concrete, Perkerasan Kaku.

Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Paket 1 Bakauheni-Sidomulyo merupakan salah satu solusi untuk mempersingkat jarak dan waktu tempuh serta meningkatkan konektivitas provinsi Lampung dari Pelabuhan Bakauheni hingga Terbanggi. Salah satu pekerjaannya yaitu pekerjaan struktur perkerasan dengan menggunakan struktur perkerasan kaku bersambung tanpa tulangan yang terdiri dari lapisan pelat beton yang diletakkan diatas lapisan tanah timbunan, tanah dasar, lapis pondasi agregat dan lean concrete. Hal yang menarik pada Proyek ini adalah pekerjaan timbunan dengan ketinggian ± 28 m. Oleh karena itu untuk mendapatkan kualitas atau mutu yang baik dan sesuai dengan ketentuan dari masing-masing lapisan tersebut, maka dilakukan evaluasi metode pelaksanaan dan pengendalian mutu. Cara untuk mengevaluasi metode pelaksanaan yaitu dengan membandingkan metoda pelaksanaan di lapangan terhadap metoda pelaksanaan yang tertera pada kerangka acuan proyek. Sama halnya untuk melakukan evaluasi pengendalian mutu, maka evaluasi kendali mutu dilakukan dengan membandingkan data hasil pengujian dengan persyaratan yang telah ditentukan. Hasil dari evaluasi terhadap metoda pelaksanaan diperoleh bahwa berdasarkan kepada hasil pengamatan di lapangan, didapat 8 pekerjaan dari 23 pekerjaan yang tidak sesuai antara metode pelaksanaan di lapangan dengan kerangka acuan proyek. Sedangkan untuk evaluasi pengendalian mutu hasil pengujian di lapangan didapatkan bahwa pada lapisan tanah timbunan ke-22 dengan nilai kepadatan yang tidak memenuhi persyaratan dibawah 95% yaitu sebesar 35,90%. Selanjutnya, untuk nilai kepadatan pada tanah dasar rata-rata 102,38%. Kepadatan rata-rata untuk lapis pondasi agregat sebesar 102,54%. Selain itu, untuk nilai slump rata-rata pada lean concrete sebesar 6,52 cm dan untuk nilai kuat tekan rata-rata pada umur 7 hari dan 28 hari berturut-turut sebesar 7,935 MPa dan 11,11 MPa. Selanjutnya, untuk pelat beton nilai slump rata-rata sebesar 3,186 cm dan untuk kuat lentur rata-rata pada umur 7 hari dan 28 hari berturut-turut 3,77 MPa dan 4,94 MPa.

Deskripsi Alternatif :

Trans Sumatra Toll Road Development Package 1 (Bakauheni-Sidomulyo) project is one of the solution to shorten the distance, travel time and also to increase connectivity of Lampung province from Bakauheni Harbor to Terbanggi. One of its construction work is the pavement structures using a Jointed Plain Concrete Pavement (JPCP) that consist of concrete slabs layer placed on top of lean concrete, aggregate base, subgrade and embankment layers. One construction work of significant interest regarding this project is a very high embankment to maximum thickness of ± 28 m. Therefore, to obtain a good quality and in accordance with the provisions of each of these layers, then the construction and quality control methods should be evaluated. The way to evaluate the construction method is to compare the construction methods implemented in the field to the construction methods listed in the project terms of reference. Similarly, to evaluate the quality control, the evaluation is done by comparing the test result data with the specified requirements. The results of the evaluation of the construction method shown that, based on the results of observations in the field, 8 from 23 work activities that is not correspond between the method of construction in the field with the project terms of reference. While for the evaluation of quality control of field test result, it is found that on 22nd of embankment layer with density value that does not meet the requirements below 95% that is equal to 35.90%. Furthermore, for the average density value on the subgrade is 102.38%. The average density for the aggregate base layer is 102.54%. In addition, for the average slump value in lean concrete is 6.52 cm and for the average compressive strength value at the age of 7 days and 28 days is 7.935 MPa and 11.11 Mpa respectively. Finally, the average concrete slabs slump value is 3.186 cm and for the average bending strength at 7 days and 28 days is 3.77 MPa and 4.94 Mpa respectively.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Ir. Suherman Sulaiman, M.Eng., Ph.D, Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...