Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Teknik Sipil > Program Studi Teknik Konstruksi Sipil > 2018

Pengkajian Karakteristik Kecelakaan pada Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung

Study of Accident Characteristics at Soekarno Hatta Street Bandung City

Tugas Akhir, 026/ 2018 / KSI
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-01-20 13:35:42
Oleh : 151121046 - Kukuh Budiarsi - 151121050 - Muhamad Satria Maulana (satria.maulana7@gmail.com)
Dibuat : 2020-01-20, dengan 4 file

Keyword : karakteristik, kecelakaan, pendekatan, 5W+1H
Subjek : characteristics, accidents, approach, 5W + 1H

Kecelakaan lalu lintas merupakan sebuah aspek penting yang menjadi pertimbangan dalam perencanaan sistem transportasi karena menyangkut kenyamanan dan tingkat pelayanan jalan. Tingkat pelayanan yang baik akan memaksimalkan kinerja dari sebuah jalan terutama pada jalan-jalan yang menjadi pusat pergerakan angkutan penumpang dan barang. Keselamatan dan keamanan pengguna jalan harus terjamin sehingga kinerja sebuah ruas jalan dapat dinilai baik. Kejadian kecelakaan yang berulang pada suatu jalan akan membentuk sebuah pola. Yaitu kondisi-kondisi tertentu yang menciptakan sebuah karakteristik pada kejadian kecelakaan. Pada Tugas Akhir ini karakteristik kecelakaan dikelompokkan dengan pendekatan “5W + 1H”, yaitu Why (penyebab kecelakaan), What (tipe tabrakan), Where (lokasi kecelakaan), Who (pengguna jalan yang terlibat), When (waktu kejadian) dan How (tipe pergerakan kendaraan) serta pengolahan data kecelakaan dilakukan dengan pendekatan matematis. Tugas Akhir ini dilakukan di Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung sepanjang 18,46 km dimulai dari Bundaran Cibeureum hingga Bundaran Cibiru. Berdasarkan data Satlantas Polrestabes Kota Bandung tahun 2015-2017 terjadi 225 kecelakaan di Jalan Soekarno Hatta atau 12% dari total seluruh kejadian kecelakaan di Kota Bandung. Dari hasil pengkajian diperoleh Pengguna jalan yang terlibat kecelakaan didominasi oleh pengendara sepeda motor sebesar 60%, tipe kecelakaan yang paling banyak terjadi adalah tabrak manusia sebesar 35%, tata guna lahan dengan jumlah kecelakaan paling tinggi merupakan kawasan industri dan pertokoan; manuver kendaraan yang mengalami kecelakaan lalu lintas didominasi oleh kendaraan bergerak lurus sebesar 66%; waktu dengan kecelakaan terbanyak terjadi pukul 09.00-16.00 WIB sebesar 33%; penyebab kecelakaan tertinggi disebabkan kurang konsentrasi dan kurang antisipasi sebesar 33%.

Deskripsi Alternatif :

raffic accidents are an important aspect that is taken into consideration in transportation system planning because it involves the comfort and level of road service. A good level of service will maximize the performance of a road, especially on roads that are the center of a movement for passenger and freight transport. Road safety must be guaranteed so that the performance of a road segment can be considered good. Repeated accidents on a road will form a pattern. That is certain conditions that create a character in the event of an accident. The characteristics of this accident can be identified with the "5W + 1H" approach, namely Why (cause of accidents), What (type of collision), Where (location of the accident), Who (road user involved), When (time of occurrence) and How (type of movement vehicle) so that it becomes a unified whole. This final project is carried out at Jalan Soekarno Hatta, Bandung City, 18.46 km, starting from the Cibeureum roundabout to the Cibiru roundabout. Based on data from the Bandung City Polrestabes Satlantas in 2015-2017 there were 225 accidents on Jalan Soekarno Hatta or 12% of the total accidents in the city of Bandung. From the results of the study, road users involved in accidents were dominated by motorcycle riders by 60%, the type of accidents that occurred most were human crashes by 35%, land use with the highest number of accidents were industrial zones and shops; maneuvering of vehicles experiencing traffic accidents is dominated by straight-moving vehicles by 66%; the time with the most accidents occurred at 09.00-16.00 WIB by 33%; the highest cause of accidents was due to lack of concentration and lack of anticipation of 33%.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Risna Rismiana Sari, S.T., M.Sc., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...