Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Teknik Sipil > Program Studi Konstruksi Sipil > 2014

Perencanaan Jembatan Penyeberangan Orang Dengan Rangka Baja Menggunakan Sni T-03-2005 Di Jalan Cicendo

Steel Frame Design Of People Crossing Bridge Using T-03-2005 At Cicendo Road

Tugas Akhir, 011 / 2014 / KSI
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-04-13 10:38:47
Oleh : Abdurrohman Rasyid - 111121002 & Aulia Hadi Saputra - 111121006 (abdurrohman.rasyid@gmail.com; auliahadisaputra@gmail.com)
Dibuat : 2018-04-13, dengan 4 file

Keyword : perencanaan, pejalan-kaki, Jembatan Penyeberangan Orang (JPO), baja, biaya
Subjek : planning, pedestrians, People Crossing Bridge(JPO), the steel, the cost

Transportasi adalah sarana dan prasarana yang mendukung setiap aktivitas manusia baik kegiatan pekerjaan rutin, bisnis, pendidikan, sosial dan ekonomi.Untuk setiap aktivitas transportasi, agar sistem pergerakannya efektif dan efisien bagi pengguna, transportasi harus mendapatkan pelayanan yang baik.Meningkatnya perpindahanharus selaras dengan penyediaan fasilitas untuk menunjang laju perpindahan manusia dan barang yang memenuhi ketentuan keselamatan bagi pejalan kaki dimana pejalan kaki selalu menjadi bagian yang penting dalam transportasi. Setiap keberadaan penjalan kaki pasti memerlukan fasilitas yang aman dan efisien, termasuk fasilitas penyeberangan jalan seperti Jembatan Penyeberangan Orang (JPO), JPO di bangun karena adanya pertemuan sebidang antara penjalan kaki dengan arus lalu lintas yang tidak aman dan dapat mengalami kecelakaan seperti di jalan Cicendo Bandung. Perencanaan perhitungan struktur atas Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di jalan Cicendo Bandung dilakukan secara manual.Sedangkan untuk perhitungan tangga dan ralling jembatan menggunakan bantuan software SAP 2000 versi 14.Tahapan perhitungan terdiri dari perencanaan struktur utama jembatan meliputi gelagar induk jembatan, diafragma jembatan, kolom jembatan, diafragma pada kolom jembatan, dan ralling jembatan.Tahapan perhitungan untuk struktur tangga meliputi gelagar induk tangga, diafragma tangga, dan kolom tangga.Selain itu dihitung juga perencanaan sambungan dan rincian anggaran biaya. Hasil perencanaan pada struktur utama jembatan meliputi, gelagar induk jembatan menggunakan profil IWF 600.300.14.23, diafragma gelagar induk jembatan menggunakan profil IWF 150.100.6.9, kolom jembatan menggunakan profil IWF 400.300.10.16, diafragma pada kolom (pengekang) menggunakan profil IWF 100.100.6.8. Sedangkan hasil perencanaan pada struktur tangga meliputi, gelagar induk tangga menggunakan profil IWF 150.100.6.9,diafragma pada tangga menggunakan profil IWF 100.50.5.7, kolom tangga menggunakan profil IWF 100.100.6.8, anak tangga menggunakan profil siku 40.40.4, ralling jembatan menggunakan pipa dengan diameter 10cm.pelat lantai menggunakan baja dengan tebal 5mm, sambungan menggunakan las dan baut mutu tinggi dengan biaya struktur atas saja sebesar Rp.408,762,788.55. Kata kunci: perencanaan, pejalan-kaki, Jembatan Penyeberangan Orang (JPO), baja, biaya.

Deskripsi Alternatif :

Transportation is the means and infrastructure that supports every human activities wheather routine work activities, business, education, social and economic. For every transportation activities, that is movement effective and efficient systems for user, transportation should get good services. Increasing displacement must be aligned with the provision of facilities to support the rate of movement of people and stuffs that filled the safety provisions for pedestrian where pedestrian always become the important part of transportation. Every existence of pedestrian need the safe and efficient facilities, including road crossing facilities like PeopleCrossingBridge (JPO), the JPO built because presence meeting between pedestrians with traffic flows that are not safe and can have an accident on the road as Cicendo, Bandung. Planning structure calculations of PeopleCrossingBridge (JPO) at the Cicendo Bandung done manually. Whereas for the calculation of the ladders and bridge ralling using assistance software SAP 2000 version 14. Step calculations consists of the main structure of the bridge plan includes the main girder bridge, bridgediaphragms, bridgecolumns, diaphragmsonbridgecolumns, andrallingbridge. Steps include calculations for the structure of the main girder ladder, ladder diaphragm, and ladder columns. Moreover it is also calculating the details of the budget planning and connection costs. The result of the main bridge structure covers, main girder bridge using IWF profile 600.300.14.23, diaphragm main girder bridge using IWF profile 150.100.6.9, the bridge columns using IWF profile 400.300.10.16, diaphragm in columns (restraint) using IWF profile 100.100.6.8. Whereas the result on planning structure, the main girder ladder using IWF profile 150.100.6.8, ladder diaphragm using IWF profile 100.50.5.7, ladder columns using IWF profile 100.100.6.8, the stepladder using angled profile 40.40.4, bridgeralling use apipewith a diameter of 10cm. floor using a steel plate with a thickness 5mm, connection use high quality weld and bolt with cost structure upper of the course fee of Rp 408,762,788.55.. Keywords: planning, pedestrians, People Crossing Bridge(JPO), the steel, the cost.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Drs. Muljono, SP1

    Pembimbing 2: Fisca Igustiany, S.ST., M.T., Editor: Erlin Arvelina

Download...