Path: Top > Skripsi - D4 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > REGULER > 2016

Pengaruh Servicescape terhadap Loyalitas Konsumen Elzatta Bandung

The Influence of Servicescape to Consumer Loyality of Elzatta Bandung

Tugas Akhir, 018 / 2016 / BA
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-09-03 15:06:02
Oleh : Ade Nidia - 125254001 (adenidia@gmail.com)
Dibuat : 2017-07-04, dengan 4 file

Keyword : loyalitas konsumen, servicescape
Subjek : consumer loyalty, servicescape

Elzatta merupakan salah satu anak perusahaan yang berinduk pada PT Bezaya Group yang menyediakan pakaian muslim wanita dan pria. Perusahaan ini memiliki 28 gerai resmi di Indonesia, yang 6 diantaranya berlokasi di Bandung. Lingkungan layanan (servicescape) yang diciptakan di toko atau galeri Elzatta merupakan bagian penting dalam pelayanan terhadap konsumen yang mampu membangun loyalitas konsumen. Dengan loyalitas yang terbangun, maka konsumen akan melakukan pembelian berulang atas produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui servicescape dan loyalitas konsumen serta besarnya pengaruh servicescape terhadap loyalitas konsumen Elzatta Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, uji korelasi sederhana, uji koefisien determinasi, uji statistik deskriptif, dan uji hipotesis. Pengambilan sampel atas konsumen sebanyak 104 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian menunujukan bahwa servicescape termasuk dalam kriteria baik, dengan dimensi ambient condition, spasial/function; sign; symbol; artifacts, employee. Begitupun loyalitas konsumen menunjukan hasil dengan kriteria tinggi atas dimensi repeat purchase, purchases all lines, retention, referrals. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah servicescape memiliki pengaruh terhadap loyalitas konsumen Elzatta Bandung sebesar 15,8%. Kata kunci: loyalitas konsumen, servicescape.

Deskripsi Alternatif :

Elzatta is one of the subsidiaries beri PT Bezaya Group that provides fashion stuff of Muslim women and men. The company has 28 authorized outlets in Indonesia, of which 6 are located in Bandung. Servicescape which was created in the Elzatta’s store or gallery has an important part of the service to consumers that can help to build customer loyalty. With the loyalty that is built, then the consumer will make repeat purchases of the products. This study aims to determine servicescape and customer loyalty as well as the value of the influence of servicescape on customer loyalty Elzatta Bandung. The method used is quantitative research methods. Data analysis method used is the classic assumption test, simple linear regression, simple correlation, coefficient determination test, descriptive statistical tests, and hypothesis testing. Sampling that is took the consumer as much as 104 respondents. Data was collected through interviews and questionnaires with Likert scale. The research shows result that servicescape included in the high/good criteria, with dimensions of ambient condition, spatial / function; sign; symbol; artifacts, employee. Likewise customer loyalty shows the results with the high/good criteria on the dimensions of repeat purchase, purchases all lines, retention, referrals. The conclusion of this study is servicescape have an influence on consumer loyalty Elzatta Bandung as 15.8%. Keyword: consumer loyalty, servicescape.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Dra. Tintin Suhaeni, S.Sos., M.Si.


    Pembimbing 2: Gunawan Dwi S., Editor: Erlin Arvelina

Download...