Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Teknik Sipil > Program Studi Teknik Konstruksi Sipil > 2020

Penentuan Kebutuhan Tebal Perkerasan Jalan Pada Tikungan Simpang Jalan Polban - Jalan Terusan Sariasih

Determination of Pavement Thickness Requirements at Jalan Polban - Jalan Terusan Sariasih Intersections

Tugas Akhir, 018 / 2020 / KSI
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2021-01-13 13:49:16
Oleh : Almaida Intan Safira - 171121037 & Yola Widi Pratiwi - 171121065 (yolawidip@gmail.com)
Dibuat : 2021-01-13, dengan 4 file

Keyword : Planning the pavement, rigid pavement, flexible pavement
Subjek : Perancangan perkerasan jalan, perkerasan kaku, perkerasan lentur

Jalan Polban-jalan Terusan Sariasih merupakan jalan lingkungan yang dilewati banyak kendaraan termasuk kendaraan berat, tetapi dijalan tersebut perlu dilakukan perbaikan radius. Dengan adanya perbaikan radius di tikungan tersebut maka perlu adanya perencanaan perkerasan jalan yang dibutuhkan untuk merealisasikan perbaikan radius yang akan direncanakan. Untuk itu perlu ditentukan jenis perkerasan yang digunakan dan tebal struktur jalan yang sesuai dengan beban yang dipikul jalan tersebut. Jenis perkerasan yang akan dihitung tebalnya adalah perkerasan kaku dan perkerasan lentur. Metoda yang digunakan untuk menghitung tebal perkerasan lentur adalah metoda Bina Marga Pt – T – 01 – 2002 B dan metoda untuk menghitung tebal perkerasan kaku adalah metoda Bina Marga Pd T 14 2003. Ruang lingkup dari pengerjaan tugas akhir ini adalah menganalisis data hasil counting berupa Lalu Lintas Harian Rata – Rata (LHR) untuk mendapatkan data beban kendaraan, menentukan daya dukung tanah untuk mendapatkan nilai CBR, dan menghitung tebal perkerasan. Dari hasil perhitungan tebal perkerasan, didapatkan tebal perkerasan lentur untuk lapisan permukaan setebal 4 cm, lapisan pondasi atas setebal 7.5 cm dan lapisan pondasi bawah setebal 20 cm. Sedangkan untuk perkerasan kaku didapatkan tebal lapisan permukaan beton setebal 18 cm dan lapisan pondasi bawah setebal 10 cm.

Deskripsi Alternatif :

The bend at the intersection of the Polban-Jalan Terusan Sariasih road needs to be repaired. With the repair of the radius at the bend, it is necessary to plan the pavement to realize the planned radius improvement. For this reason, it is necessary to determine the type of pavement used and the thickness of the road structure in accordance with the load that is borne by the road. The type of pavement that will be calculated as thick is rigid pavement and flexible pavement. The method used to calculate the thickness of flexible pavements is the Bina Marga Pt - T - 01 - 2002 B method and the method for calculating the thickness of rigid pavements is the Bina Marga Pd - T - 14 - 2003 method. The scope of this final project is to analyze the results data counting in the form of Average Daily Traffic (LHR) to obtain vehicle load data, determine soil bearing capacity to obtain CBR values, and calculate pavement thickness. From the calculation of pavement thickness, it was found that the flexible pavement thickness for the surface layer was 4 cm, the upper foundation layer was 7.2 cm and the bottom foundation layer was 19.4 cm. Meanwhile, for rigid pavement, the thickness of the concrete surface layer is 18 cm and the bottom foundation

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Angga Marditama S.S., S.T., M.T. , Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...