Path: Top > Proceeding Politeknik Negeri Bandung > Industrial Research Workshop and National Seminar (IRWNS) 2015: Potensi dan Strategi Komersialisasi Hasil Penelitian untuk Kemandirian Industri Nasional

Analisis Evaluasi Kinerja "Solar Cell-Hybrid Off Grid" 18 kWp Gedung Lab.Surya-Teknik Konversi Energi POLBAN

Proceeding from JBPTPPOLBAN / 2016-05-31 09:13:10
Oleh : Alvera Apridalianti Melkias; Dr. Abdurrachim; Brian Yuliarto (ravera89_machine@yahoo.com; halimrmf@gmail.com; brian@tf.itb.ac.id)
Dibuat : 2016-05-31, dengan 1 file

Keyword : energi terbarukan, PLTS Hibrida, performance ratio

Kinerja Sistem Pembangkit Energi Surya Hibrida Sel Surya-Diesel-Genset Laboratorium Surya Teknik Konversi Enersgi POLBAN telah dievaluasi dan dibahas dalam paper ini. Sistem Pembangkit ini dibangun dan dioperasikan sejak tahun 2009 untuk mensuply listrik untuk kegiatan praktikum mahasiswa dan kegiatan perkuliahan di gedung Laboratorium Surya. Sistem pembangkit ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 18000 Ah yang akan bekerja apabila sel surya tidak mampu memenuhi kebutuhan beban dan apabila baterai juga tidak mampu maka Genset akan dinyalakan kegiatan praktikum/perkuliahan di Laboratorium Surya tetap berjalan dengan listrik yang memadai. Sejak sistem beroperasi sampai saat ini sistem belum pernah dievaluasi sehingga belum diketahui apakah sistem pembangkit ini bekerja dengan baik dan efisien.

Untuk itu dalam penelitian ini dilakukan evaluasi kinerja sistem dengan melakukan pengukuran2 besar intensitas radiasi matahari, output daya keluar sistem selsurya, besar beban /pemakaian listrik, besar energi yang tersimpan dalam baterai, energi yang digunakan dari baterai serta energi dari pemakaian mesin Genset. Pengukuran dilakukan untuk tiga kondisi operasi yang secara routine terjadi, yaitu pada beban maksimum (full load), pada kondisi biasa selama lima hari kerja, serta kondisi pada hari libur (tidak ada perkuliahan). Berdasarkan hasil pengukuran dan perhitungan, dapat disimpulkan bahwa besar beban maksimum (D1) adalah sebesar 10,58 kW dan pada kondisi ini sel surya beroperasi secara penuh (100% kapasitas) sedangkan baterai memberikan energi sebesar 3,3 % dari kapasitas baterai terpasang. Untuk kondisi operasi rata harian (D2) beban laboratorium adalah 6,68 kW (67% kapasitas sel surya) dan energi dari batterai tidak dipakai. Kelebihan daya dari sel surya disimpan dalam baterai. Pengoperasian sistem pada hari libur (D3) hanya memerlukan daya rata rata sebesar 1,2 kW. Performance ratio (PR) sistem tertinggi berada pada hari D1 90,11% dan terendah di D3 44,72%.

Deskripsi Alternatif :

.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id