Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Teknik Sipil > Program Studi Teknik Konstruksi Sipil > 2019

Perencanaan Ulang Perkerasan Kaku Pada Ruas Jalan Akses PLTA Upper Cisokan Dengan Menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 Dan Pedoman Teknis Nomor 14 Tahun 2003

Re-Design Rigid Pavement On Access Road PLTA Upper Cisokan Using Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 And Pedoman Teknis Nomor 14 Tahun 2003

Tugas Akhir, 001 / 2019 / KSI
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-03-27 18:31:24
Oleh : Alya Ayu Bakhta - 161121002 & Dewi Mukti Handayani - 161121010 (alyaayubakhta25@gmail.com; dewimuktih13@gmail.com)
Dibuat : 2020-03-27, dengan 4 file

Keyword : Perencanaan Ulang Perkerasan Kaku, Manual Desain Perkerasan Jalan 2017, Pedoman Teknis Nomor 14 Tahun 2003
Subjek : Re-Design Rigid Pavement, Manual Desain Perkerasan Jalan 2017, Pedoman Teknis Nomor 14 Tahun 2003

Perencanaan ulang Jalan Akses PLTA Upper Cisokan dilatar belakangi oleh kerusakan jalan yang disebabkan karena beban kendaraan yang melebihi perencanaan awal. Faktor daya rusak akibat kendaraan berat yang bermuatan lebih dapat menurunkan umur rencana jalan pada perkerasan. Solusi yang dilakukan untuk permasalahan tersebut adalah dengan melakukan perencanaan ulang dari perkerasan lentur menjadi perkerasan kaku. Data lalu lintas yang digunakan didapatkan dari hasil survey pencacahan lalu lintas dengan kendaraan yang ditinjau mempunyai berat total minimum lima ton atau lebih. Perencanaan ulang perkerasan kaku menggunakan dua metode yaitu Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 dan Pedoman Teknis Nomor 14 Tahun 2003. Kedua perhitungan metode ini dilakukan untuk mengetahui tebal perkerasan kaku serta untuk menentukan metode mana yang efisien yang dapat digunakan untuk merencanakan tebal perkerasan kaku. Terdapat perbedaan hasil tebal perkerasan kaku berdasarkan dua metode yang digunakan. Tebal perkerasan kaku dengan metode Pedoman Teknis Nomor 14 Tahun 2003 mempunyai tebal lebih tipis dengan nilai ketebalan pelat beton yaitu 190 mm, sedangkan hasil perhitungan tebal pelat beton dengan metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 didapatkan tebal 265 mm. Parameter yang menyebabkan perbedaan hasil tebal perkerasan kaku adalah parameter lalu lintas dan CBR Fondasi. Perhitungan lalu lintas pada metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 menggunakan nilai NDT yaitu 121.489,277 dan Pedoman Teknis Nomor 14 Tahun 2003 menggunakan nilai JSKN yang lebih besar dari nilai NDT yaitu 296.036,83. CBR fondasi pada perhitungan Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 menggunakan CBR ekivalen dengan nilai 4,8% sedangkan pada perhitungan Pedoman Teknis Nomor 14 Tahun 2003 nilai CBR fondasi menggunakan CBR efektif dengan nilai 13%. Kata Kunci: Perencanaan Ulang Perkerasan Kaku, Manual Desain Perkerasan Jalan 2017, Pedoman Teknis Nomor 14 Tahun 2003.

Deskripsi Alternatif :

Re-Design of the Access Road PLTA Upper Cisokan is motivated by road damage caused by overloaded vehicle. The power factor is damaged by a heavy vehicle overloading can reduce the design life of the road on the pavement. The solution for this problem is to redesign the flexible pavement into a rigid pavement. The traffic data used is obtained from the results of a traffic counting survey with vehicles that have a minimum total weight of five tons or more. Re-design of rigid pavement uses two methods namely Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 and Pedoman Teknis Nomor 14 tahun 2003. Both calculations are carried out to determine the thickness of rigid pavement and to determine which method is efficient which can be used to plan rigid pavement thickness. There are differences in the results of rigid pavement thickness based on the two methods used. The results of rigid pavement thickness with Pedoman Teknis Nomor 14 Tahun 2003 method have thinner thickness with the value of the concrete slab is 190 mm, whereas the results of concrete slab with Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 method is 265 mm. Parameters that cause differences in the results of rigid pavement thickness are traffic parameters and CBR foundations. Traffic calculations in Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 method use NDT values of 121,489.277and Pedoman Teknis Nomor 14 Tahun 2003 method use JSKN values greater than NDT values of 296,036.83. The CBR foundation in the calculation of Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 method uses CBR equivalent to the value of 4.8% while in the calculation of Pedoman Teknis Nomor 14 Tahun 2003 the foundation CBR value uses an effective CBR with a value of 13%. Keywords: Re-Design Rigid Pavement, Manual Desain Perkerasan Jalan 2017, Pedoman Teknis Nomor 14 Tahun 2003.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Angga Marditama Sultan Sufanir, S.T., M.T.

    Pembimbing 2: Retno Utami, S.ST., M.T., Editor: Erlin Arvelina

Download...