Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2015

Studi Kesadaran Merek Pada Situs Bukalapak.com

Study Of Brand Awareness on Bukalapak.com Site

Tugas Akhir, 012 / 2015 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-05-24 12:29:53
Oleh : Anafiani Dewi Andari - 125231038 (anafianidewiandari@gmail.com)
Dibuat : 2018-05-24, dengan 4 file

Keyword : Bukalapak.com, Situs Jual Beli Online, Kesadaran Merek, Puncak Pikiran
Subjek : Bukalapak.com, E-Commerce, Brand Awareness, Top Of Mind

Situs Bukalapak.com adalah salah satu situs jual beli online yang ada di Indonesia. Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang ditemukan. Situs Bukalapak.com belum menjadi situs terbaik di Indonesia, belum menjadi top brand situs jual beli online dan dalam pilot study masih terdapat masyarakat yang belum mengetahui keberadaan situs Bukalapak.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi situs jual beli online yang menjadi top of mind yang berada di benak masyarakat Kota Bandung dan untuk mengidentifikasi seberapa jauh tingkat kesadaran masyarakat Kota Bandung mengenai situs jual beli online Bukalapak.com yang dilihat dari tingkatan brand awareness yaitu top of mind, brand recall, brand recognition dan unware of brand (Durianto dkk., 2004). Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Kuesioner tersebut disebarkan kepada 205 responden secara acak di Kota Bandung dengan demografi berupa jenis kelamin laki-laki atau perempuan, usia 17-25 tahun, 26-35 tahun, 36-45 tahun dan lebih dari 45 tahun, serta berbagai pekerjaan responden. Hasil penelitian ini diketahui bahwa top of mind situs jual beli online di Indonesia adalah Olx.co.id sebesar 38,5%. Kesadaran responden mengenai Bukalapak.com ternyata masih pada tingkat brand recognition karena diukur dengan diberikan bantuan dari pertanyaan dengan menyebutkan ciri-ciri Bukalapak.com. Maka, sebagai luaran dan rekomendasi, penulis merancang sebuah event untuk meningkatkan kesadaran merek Bukalapak.com. Kata kunci : Bukalapak.com, Situs Jual Beli Online, Kesadaran Merek, Puncak Pikiran.

Deskripsi Alternatif :

Bukalapak.com site is the one of e-commerce site that exist in Indonesia. This research is made based on phenomenon found. This Bukalapak.com site does not become the best site yet in Indonesia, neither the top brand of e-commerce site and also on pilot study there are some citizens who don't know yet this website's existence. This research has a purpose to knowing what has became a top of mind in many Bandung citizen's mind. And also to knowing how far their awareness about Bukalapak.com site that viewed from brand awareness level, such as top of mind, brand recall, brand recognition and unaware of brand (Durianto dkk., 2004). In this study use quantitative method that use questionnaire as research instrument. Those questionnaire spread to 205 respondents randomly in Bandung City with demography like gender is male or female, age range such as 17-25 years old, 26-35 years old, 36-45 years old and over 45 years old, and also kind of respondent's occupations. The result of this research is known that the top of mind for e-commerce site in Indonesia is Olx.co.id site for 38,5%. But, their awareness about Bukalapak.com site are still on brand recognition because using aided question by mention characteristic of Bukalapak.com site. So, as an output and recommendation, author design an event for improving brand awareness on Bukalapak.com. Keywords: Bukalapak.com, E-Commerce, Brand Awareness, Top Of Mind.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Drs. Agustinus C. Februadi, M.Phil., Editor: Erlin Arvelina

Download...