Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2018

Kepuasan Kerja Karyawan dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Orientasi Pelangan (Studi Kasus pada Karyawan Ritel Oleh - Oleh Makanan Khas Bandung)

Employee Job Satisfaction and the impact on Customer Oriented Behaviour (Case Study: Employee of Bandung Food Souvenirs Retailer)

Tugas Akhir, 005 / 2018 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-09-05 14:38:47
Oleh : Anggita Putri Aulia - 155231003 (anggitaputriauliaaulia@gmail.com)
Dibuat : 2018-09-05, dengan 4 file

Keyword : kepuasan kerja, pemasaran internal, orientasi pelanggan, kepuasan pelanggan
Subjek : job satisfaction, customer oriented behaviour, customer satisfaction

Berkembangnya industri makanan di Kota Bandung menyebabkan destinasi kuliner banyak digemari oleh wisatawan yang datang ke Kota Bandung. Salah satu destinasi kuliner yang banyak diminati serta mulai berkembang di Bandung ialah oleh-oleh makanan Bandung. Keberhasilan ritel oleh-oleh makanan Bandung tidak terlepas dari peran karyawan yang secara langsung melayani pelanggan dalam pembelian produk oleh-oleh makanan Bandung. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik atau manajer perusahaan ritel oleh-oleh makan Bandung untuk memperhatikan kepuasan karyawannya. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja karyawan terhadap perilaku berorientasi pelanggan, dimana penelitian ini belum pernah dilakukan sebelumnya. Data penelitian ini merupakan hasil yang didapat dari survey menggunakan kuesioner yang telah diisi oleh 250 responden karyawan ritel oleh-oleh makanan Bandung. Data diolah menggunakan analisa demografi, deskriptif, korelasi serta regresi. Hasil analisa data menunjukkan adanya hubungan serta pengaruh yang positif antara kepuasan kerja karyawan ritel oleh-oleh makanan khas Bandung terhadap perilaku orientasi pelanggan. di sisi lain, dari analisis deskriptif yang sudah dilakukan, dapat diketahui kepuasan kerja karyawan pada ritel oleh-oleh makanan khas Bandung masih cenderung rendah sehingga saran serta program peningkatan kepuasan kerja dibutuhkan untuk kinerja karyawan yang lebih baik. Hasil dari penelitian ini akan memberikan pandangan bagi pemilik ritel untuk lebih memerhatikan kepuasan kerja karyawan, selanjutnya penelitian ini akan dijadikan dasar untuk mengembangkan program untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan pada ritel oleh-oleh makan khas Bandung. Kata kunci: kepuasan kerja, pemasaran internal, orientasi pelanggan, kepuasan pelanggan.

Deskripsi Alternatif :

The improvement of development in the food industry in Bandung cause culinary destinations much favored by tourists who come to the city of Bandung. One of the culinary destinations that are in great demand and began to flourish in Bandung is food souvenirs from Bandung. The success of Bandung food Souvenirs Retailer is inseparable from the role of employees who directly serve customers in purchasing products food souvenirs from Bandung. Therefore, it is very important for the owners or managers of Bandung food souvenirs retailer to pay attention on employee satisfaction. Research on job satisfaction and customer orientation behaviour at Bandung food souvenirs retailer is designed to know the effect of employee job satisfaction on customer - oriented behaviour, which this research has never done before. This research data is the result obtained from survey through questionnaires that have been filled by 250 respondents of employees from Bandung food souvenirs retailer. Data were processed using analysis which are demographic, descriptive, correlation and regression analysis. The result of data analysis shows the existence of relationship and positive influence between job satisfaction of Bandung foods souvenirs retailer's employee to customer oriented behaviour. on the other hand, from the descriptive analysis that has been done, could be known job satisfaction of employees at Bandung food souvenirs retailer still tend to be low so the suggestions and programs to increase job satisfaction needed for better employee performance. The results of this study will provide views for retail owners to pay more attention to employee job satisfaction, then this research could be used for developing programs to improve employee job satisfaction at Bandung food souvenirs retailer. Keywords: job satisfaction, customer oriented behaviour, customer satisfaction.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Adila Sosianika S.E., MAIMM., Editor: Erlin Arvelina

Download...