Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Teknik Sipil > Program Studi Teknik Konstruksi Sipil > 2019

Perancangan Rangka Baja Pada Jembatan Cinapel Proyek Tol Cisumdawu

Design Of Steel Structure Of Cinapel Bridge On Project Highway Cisumdawu

Tugas Akhir, 002 / 2019 / KSI
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-03-27 18:41:15
Oleh : Anita Diwanti - 161121003 & Irma Nurrohmah - 161121046 (anitadiwanti@gmail.com)
Dibuat : 2020-03-27, dengan 4 file

Keyword : Jembatan, Pelat Lantai, Rangka Baja, Warren, Sambungan, DFBK
Subjek : Bridge, Floor Plates, Steel Frame, Warren, Joints, DFBK

Jembatan Cinapel merupakan jembatan PC-I Girder yang dirancang ulang menjadi jembatan rangka baja kelas A/I bentang 40,6 meter dan lebar 16,750 meter dengan tipe rangka atas Warren. Perancangan dilakukan dengan metode Perencanaan Berdasarkan Beban dan Kekuatan Terfaktor (DFBK) atau dalam AISC 2010 disebut dengan istilah Load and Resistence Faktor Design (LRFD). Perancangan ini meliputi perancangan pelat lantai dan struktur baja. Untuk perencanaan pelat lantai mengacu pada SNI T-12-2004. Adapun untuk perancangan struktur baja berupa gelagar memanjang, gelagar melintang, batang digonal, batang atas, dan sambungan yang mengacu pada SNI T-03-2005 dan perhitungan pembebanan mengacu pada SNI 1725-2016. Perancangan juga dilengkapi dengan perhitungan biaya pada aspek material. Hasil dari perhitungan didapatkan tebal pelat lantai 20 cm dengan mutu beton (fc') 30 MPA menggunakan tulangan utama D16-150 dan tulangan bagi D13-250. Profil baja yang digunakan untuk gelagar memanjang yaitu IWF 1450.700.30.40, gelagar melintang 1300.700.30.50, batang diagonal IWF 400.400.13.21 dan batang atas IWF 400.400.13.21. Untuk sambungan profil baja menggunakan baut mutu tinggi dan sambungan las. Kata kunci: Jembatan, Pelat Lantai, Rangka Baja, Warren, Sambungan, DFBK.

Deskripsi Alternatif :

The Cinapel Bridge is a Girder PC-I bridge that was redesigned to be a class A/I steel frame bridge spanning 40,6 meters wide and 16,750 meters wide with Warren upper frame type. The design is carried out by the Planning Method Based on the Load and Factor Strength (DFBK) or in the AISC 2010 known as the Load and Resistance Design Factor (LRFD). This design includes the design of floor plates and steel structures. Floor plate planning refers to SNI T-12-2004. The design of steel structures in the form of longitudinal girder, transverse girder, diagonal rod, upper rod, and the connection refers to SNI T-03-2005 and the calculation of loading refers to SNI 1725-2016. The design is also equipped with a calculation of costs in the material aspects. The results of calculations obtained 20 cm thick floor plate with concrete quality (fc ') 30 MPA using the main reinforcement D16-150 and reinforcement for D13-250. Steel profiles used for longitudinal girder are IWF 1450,700.30.40, transverse girder 1300,700.30.50, diagonal rod IWF 400,400.13.21 and IWF 400,400,13.21 diagonal bar. Steel profile joints use high quality bolts and welded joints Keywords: Bridge, Floor Plates, Steel Frame, Warren, Joints, DFBK.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Fisca Igustiany, S.ST., M.T.

    Pembimbing 2: Ir. Susilahadi, M.T., Editor: Erlin Arvelina

Download...