Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2016

Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) Pengelolaan Piutang Jasa Perbaikan Kendaraan Di PT Astra International Tbk, AUTO 2000 Cabang Pasteur, Bandung

Production Of Standard Operating Procedure (SOP) Account Receivable Management Of Vehicle Service At PT Astra International Tbk, AUTO 2000 Pasteur Branch, Bandung.

Tugas Akhir, 042 / 2016 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2017-08-04 11:54:46
Oleh : Arief Abdurachman - 135211007 (Ariefabdrchman@gmail.com)
Dibuat : 2017-08-04, dengan 4 file

Keyword : Standard Operating Procedure, management, account receivable
Subjek : Standard Operating Procedure, pengelolaan, piutang

PT Astra International Tbk, AUTO2000 Cabang Pasteur, Bandung merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif salah satu produknya adalah service kendaraan. Konsumen yang melakukan service kendaraan di bengkel AUTO2000 Cabang Pasteur, Bandung dikelompokkan menjadi dua yaitu konsumen reguler dan non-reguler. Konsumen non reguler dapat membayar tagihan service kendaraan secara kredit. Pembayaran secara kredit menjadi masalah bagi bengkel AUTO2000 Cabang Pasteur, Bandung karena banyak konsumen yang telat membayar pada tanggal jatuh tempo. Keterlambatan pembayaran tersebut dapat membuat perusahaan terkena denda dari Head Office (HO) dan menghambat profit. Penyebab keterlambatan pembayaran disebabkan oleh tidak adanya prosedur yang jelas, baku dan tertulis untuk mengelola piutang. Untuk itu perlu dibuat Standard Operating Procedure pengelolaan piutang jasa perbaikan kendaraan. Menurut Moekijat (2008) berpendapat bahwa SOP adalah urutan langkah-langkah, di dalam mana pekerjaan dilakukan dan berhubungan dengan apa, bagaimana, dimana dan siapa dari pekerjaan tersebut dilakukan. Sedangkan menurut Mulyadi (2001) piutang merupakan klaim kepada pihak lain atas uang, barang, atau jasa yang dapat diterima dalam jangka waktu satu tahun, atau dalam satu siklus kegiatan perusahan. Pembuatan SOP ini melaui beberapa tahap, yang pertama adalah analisis prosedur pengelolaan piutang jasa perbaikan kendaraan, penentuan kegiatan, penentuan metode, perancangan prosedur, persetujuan rancangan, pembuatan buku manual SOP. Dalam pengelolaan piutang jasa perbaikan kendaraan dibuat dua SOP yaitu SOP sebelum tanggal jatuh tempo dan setelah tanggal jatuh tempo. Adapun perbandingan yang dijelaskan mengenai kondisi sebelum dan setelah adanya Standard Operating Procedure pengelolaan piutang jasa perbaikan kendaraan. Selain itu ada beberapa saran yang disampaikan dalam mengelola piutang jasa perbaikan kendaraan. Kata kunci: Standard Operating Procedure, pengelolaan, piutang

Deskripsi Alternatif :

PT Astra International Tbk, AUTO2000 Pasteur Branch, Bandung is a company engaged in the automotive field one of its products is a service vehicle. Consumers who perform service vehicle in AUTO2000 Pasteur Branch, Bandung are grouped into two, namely the consumers of regular and non-regular. Non-regular consumers can pay bills on credit service vehicles. Payments on credit becomes an issue for AUTO2000 Pasteur Branch, Bandung because many consumers are late paying on the maturity date. Late payments can make the company received a fine from head office (HO) and profit impeded. The cause of the delay in payment is caused by the absence of clear procedures, raw and written to manage accounts. For that need to be made standard operating procedure receivable management vehicle repair services. According Moekijat (2008) argues that the SOP is a sequence of steps, in which the work is done and dealing with what, how, where and who of the job is done. Meanwhile, according to Mulyadi (2001) receivables are claims to others for money, goods, or services that can be received within a period of one year, or within a single cycle of corporate activities. Making this SOP through several stages, the first is the analysis of accounts receivable management procedures, vehicle repair services, determination of activities, determination methods, design procedures, approval of the design, manufacture SOP manuals. Improvements in receivables management services namely vehicle made two SOP, SOP before the due date and the due date. As for the comparison described the condition before and after the introduction of standard operating procedures of receivables management services vehicle repair. In addition there are several suggestions submitted in managing receivables vehicle repair services. Keywords: Standard Operating Procedure, management, account receivable

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Ermina Tiorida S.E., M.Si, Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...