Path: Top > Proceeding Politeknik Negeri Bandung > Industrial Research Workshop and National Seminar (IRWNS) 2015: Potensi dan Strategi Komersialisasi Hasil Penelitian untuk Kemandirian Industri Nasional

Model Konseptual Peningkatan Kapasitas Peneliti Dosen Politeknik Negeri Bandung berdasarkan Assessment Kompetensi

Proceeding from JBPTPPOLBAN / 2016-05-30 15:33:45
Oleh : Carolina Lasambouw; Ediana Sutjiredjeki; Neneng Nuryati (carolina.magdalena@polban.ac.id; e_sutjiredjeki@yahoo.com; nnuryati.polban@gmail.com)
Dibuat : 2016-05-30, dengan 1 file

Keyword : model konseptual, pengembangan kapasitas dosen assessment, kompetensi peneliti

Rata-rata setiap tahun (2012 – 2014) hanya sekitar 20,5% dari jumlah dosen Polban yang melaksanakan penelitian sebagai peneliti utama. Untuk meningkatkan jumlah tersebut dan menghasilkan penelitian yang berkualitas, dibutuhkan suatu strategi tertentu. Salah satunya adalah penelitian tentang Pengembangan Model Kompetensi Peneliti Untuk Peningkatan Kapasitas Penelitian Dosen, selama 2014 - 2016. Penelitian diawali dengan tinjauan pustaka, studi eksploratif, FGD dan wawancara untuk menyusun angket yang disebarkan kepada dosen Polban. Pada tahun pertama telah dihasilkan sembilan unit kompetensi inti peneliti. Tahun kedua (2015), penelitian difokuskan pada Pengembangan Model Assessment Kompetensi Peneliti. Model instrument assessment yang dihasilkan digunakan untuk self assessment 54 responden. Hasilnya adalah suatu gap kompetensi peneliti. Berdasarkan hasil ini, maka pada tahun ketiga (2016) akan dikembangkan Model Konseptual Peningkatan Kapasitas Dosen Politeknik Negeri Bandung dalam melaksanakan penelitian. Makalah ini merupakan studi pendahuluan penelitian tersebut.

Terdapat dua model konseptual yang diusulkan, yaitu model dengan pendekatan secara hierarki (vertical) dan pendekatan secara rantai proses. Kedua model tersebut merupakan komplemen satu sama lain. Untuk peningkatan kinerja penelitian institusi, maka pengembangan kapasitas secara hierarki dapat dijadikan model evaluasi. Selanjutnya berkaitan dengan peningkatan kinerja penelitian individu, maka pengembangan kapasitas peneliti dosen seyogyanya berdasarkan assessment standar kompetensi peneliti. Tahapan selanjutnya penelitian ini adalah memvalidasi model konseptual tersebut.

Deskripsi Alternatif :

.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id