Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Teknik Sipil > Program Studi Teknik Konstruksi Sipil > 2019

Analisis Bekisting Dan Shoring Pada Pekerjaan Pier Head Proyek Pembangunan Elevated Transyogi Kota Bogor Provinsi Jawa Barat

Tugas Akhir, 008 / 2019 / KSI
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-03-31 22:54:22
Oleh : Cellin Meilina - 161121009 & Yuni Kurniasih P. - 161121033 (cellinmeilina@gmail.com; Yuniiika27@gmail.com)
Dibuat : 2020-03-27, dengan 4 file

Keyword : Evaluasi, Elevated, Shoring, LRFD
Subjek : Evaluation, Elevated, Shoring, LRFD

Sistem shoring dan bekisting merupakan salah satu struktur sementara yang sangat penting dalam suatu proses konstruksi beton. Pada penggunaannya bekisting dan sistem shoring sangat berkaitan, terutama untuk konstruksi struktur beton yang mempunyai ketinggian, seperti pada proyek pembangunan Jalan Tol Cimanggis – Cibitung Seksi 2. Bekisting yang digunakan sebagai cetakan beton ditopang menggunakan sistem shoring sampai beton mampu menahan beratnya sendiri. Oleh karena itu dalam pengguna sistem shoring dan bekisting harus sesuai dengan spesifikasi dan terjamin kekuatan, kekakuan, dan kestabilannya. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengevaluasi sistem shoring dan bekisting pada pembangunan konstruksi pier head titik P26 Proyek Jalan Tol Cibitung – Cimanggis Seksi 2. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui kekuatan, kekakuan , dan stabilitas dari sistem shoring dan bekisting berdasarkan ketentuan dari SNI 1729:2015 untuk sistem shoring, dan ACI 347R-14 untuk bekisting. Penggunaaan bantuan software SAP 2000 untuk bekisting dan software MIDAS untuk sistem shoring bertujuan untuk mempermudah evaluasi dengan mendapatkan hasil outut gaya-gaya dalam dan deformasi yang terjadi pada struktur. Deformasi yang terjadi disebabkan oleh adanya lendutan dimana persyaratan lendutan adalah 𝛿 ≤ 𝛿 . Nilai CBR pada tanah dasar serta kekuatan beton sleeper dan pelat baja sebagai tumpuan leg shoring juga diperhitungkan kekuatannya. Untuk komponen struktur yang tidak memenuhi persyaratan maka disarankan untuk memperbesar dimensi. Metode pelaksanaan pier head juga dijelaskan, dimulai dari pemasangan sistem shoring sampai curing beton pier head. Dari hasil analisa yang dilakukan, desain sistem shoring sudah memnuhi syarat ketentuan SNI 1729:2015, sedangkan untuk bekisting disarankan untuk dilakukan penambahan tebal pelat terutama untuk bagian dinding bekisting karena nilai 𝛿 ≥ 𝛿 . Kata kunci: Evaluasi, Elevated, Shoring, LRFD.

Deskripsi Alternatif :

Shoring and formwork system is one of the temporary structures that is very important in a concrete construction process. The formwork and the shoring system are closely related, especially for the construction of high-rise concrete structures, such as the Cimanggis - Cibitung Toll Road Section 2. The formwork used as a concrete mold is supported using a shoring system until the concrete is able to withstand its own weight. Therefore in shoring and formwork system users must be in accordance with specifications and guaranteed strength, rigidity, and stability. The purpose of this thesis is to evaluate the shoring and formwork system in the construction of pier head point P26 Cibitung - Cimanggis Toll Road Project Section 2. Evaluation is carried out to determine the strength, rigidity, and stability of the shoring and formwork system based on the provisions of SNI 1729: 2015 for the shoring system, and ACI 347R-14 for formwork. The use of SAP 2000 software assistance for formwork and MIDAS software for shoring systems aims to facilitate evaluation by getting the results of the forces in depth and the deformation that occurs in the structure. Deformation that occurs is caused by deflection where deflection requirements are 𝛿 ≥ 𝛿 . The CBR value in the subgrade and the strength of the sleeper concrete and steel plate as the leg shoring foundation are also taken into account. For structural components that do not meet the requirements, it is advisable to increase the dimensions. The method for implementing pier head is also explained, starting from the installation of the shoring system to curing the pier head concrete. From the results of the analysis conducted, the design of the shoring system has fulfilled the requirements of SNI 1729: 2015, while for formwork it is recommended to add plate thickness especially for the formwork wall part because the value is 𝛿 ≥ 𝛿 . Keywords: Evaluation, Elevated, Shoring, LRFD.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Krish Madyono H., Dip.Ing.HTL., M.T.

    Pembimbing 2: Ujang Ruslan, S.T., M.T., Editor: Erlin Arvelina

Download...