Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2013

ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK SAMSUNG GALAXY SERIES

ANALYSIS OF FACTORS THAT MOTIVATED CONSUMER IN BUYING SAMSUNG GALAXY SERIES PRODUCT

Tugas Akhir, 006 / 2012 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2014-05-19 12:05:28
Oleh : Desi Mahsinta - 105231009 (dmahsinta@yahoo.com)
Dibuat : 2014-05-19, dengan 4 file

Keyword : Motif pembelian, atribut produk
Subjek : Buying motive, product attribute

Penjualan Smartphone terutama yang bersistem Android terus mengalami peningkatan. Vendor terbesar di Indonesia adalah Samsung yang saat ini menjadi pemimpin pasar. Pengguna smartphone Android di dominasi kalangan remaja yang masih berstatus sebagai pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memotivasi konsumen dalam pembelian Samsung Galaxy Series dikalangan mahasiswa di Bandung. Selain itu untuk mengetahui faktor apa yang paling dominan serta mengetahui adakah perbedaan motivasi antara pria dan wanita. Landasan teori yang digunakan pada penelitian ini meliputi perilaku konsumen namun yang lebih diperdalam adalah motivasi pembelian. Terdapat tiga kategori motivasi pembelian yaitu product buying motives, emotional buying motives dan rational buying motive. Konsep produk pun dibahas pada penelitian diantaranya adalah atribut produk. Penulis menggunakan convenience sampling dalam pengambilan sampel. Kuisioner disebar kepada 203 orang responden yang terdiri dari 4 universitas di Bandung. Data diolah menggunakan SPSS dengan uji reliabilitas dan validitas, statistik deskriptif, uji normalitas, korelasi spearman dan uji Mann-Whitney. Hasil olah data menunjukan bahwa faktor-faktor yang memotivasi konsumen dalam pembelian Samsung Galaxy Series adalah product buying motives yang terdiri dari indikator atribut produk. Rational buying motives juga memotivasi konsumen dalam melakukan pembelian Samsung Galaxy Series. Faktor yang paling dominan memotivasi konsumen adalah fitur dari produk Samsung Galaxy Series. Selain itu, hasil menunjukan tidak terdapat perbedaan motif antara pria dan wanita. Kata kunci : Motif pembelian, atribut produk.

Deskripsi Alternatif :

Sales increase of Smartphone dominated by Android operating system. The largest vendor in Indonesia is Samsung. Most of user Android is university student. The aim of this researh is to invetigate factors that motivate consumer in buying Samsung Galaxy product in university student in Bandung, to know what factor that the most dominant and to know whether there is difference of motivation between male and female.

For this research, some of theoritical basis is about consumer behaviour specialy consumer buying motives which have three indicator, there are product buying motives, emotional buying motives and rational buying motives. Next theory is about concept of product, the content involve product attribute.

The writter use convinience sampling in sample technique. Questionnaires are spread to 203 respondents that consist of four university in Bandung. Data is processed by using SPSS by reliability and validity test, descriptive statistics, test of normality, correlation spearman and Mann-Whitney test.

The data result shows that factors which motivate consumer in buying Samsung Galaxy Series is product buying motives that consist of product attribute indicator. Rational buying motives also motivate consumer in buying Samsung Galaxy Series product. In additional there is no difference between male and female. Keyword : Buying motive, product attribute.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Adila Sosianika SE., MAIMM., Editor: Erlin Arvelina

Download...