Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Aset > REGULER > 2017
Perencanaan Pengembangan Fasilitas Gerbang Tol Pasteur Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kepuasan Pengguna
Planning the Development of Pasteur Toll Gate Facilities as an Effort to Improve Toll User's Satisfaction
Tugas Akhir, 004 / 2017 / MASUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-09-03 15:05:17
Oleh : Destriani Rahayu - 135244004 (destrianirahayu@yahoo.com)
Dibuat : 2017-10-10, dengan 4 file
Keyword : Gerbang tol, peningkatan layanan, panjang antrian, kepuasan pengguna
Subjek : toll gate, service improvement, length of queues, user's satisfaction
Penumpukan antrian yang terjadi di Gerbang Tol Pasteur pada waktu-waktu puncak dinilai dapat memberikan dampak terhadap kepuasan penggunanya. Tingkat kepuasan pengguna jalan tol Pasteur menjadi lebih rendah dikarenakan tidak terpenuhinya waktu tunggu antrian pada gerbang tol Pasteur dengan kriteria yang diingikan para pengguna. Tujuan dilakukannya proyek perencanaan ini khususnya adalah untuk mengatasi masalah antrian dan umumnya meningkatkan kepuasan pengguna jalanntol Pasteur. Landasan teori yang digunakan dalam perencanaan ini adalah teori antrian dan perencanaan aset. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data primer yang dianalisis adalah hasil observasi lapangan dan wawancara kepada pihak yang terkait, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen laporan, peraturan-peraturan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, data harga satuan standar yang dikeluarkan Kementrian PU dan mitra perusahaan terkait. Hasil proyek perencanaan ini menunjukan bahwa setelah adanya penambahan fasilitas basic berupa gardu, waktu tunggu antrian pada gerbang tol Pasteur menjadi 6,8 menit, hal tersebut memenuhi kriteria waktu tunggu antrian yaitu kurang dari 7 menit. Kemudian untuk mengatasi masalah antrian pada GT Pasteur, fasilitas important yang direncanakan yaitu berupa media informasi yang akan menayangkan panjang antrian yang terjadi di seluruh gerbang tol Kota Bandung. Sedangkan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna tol yang mengantri di gerbang tol Pasteur, fasilitas supporting yang direncanakan yaitu berupa area terbuka hijau dan penambahan toilet umum pada jarak 100 meter pintu gerbang tol Pasteur. Hasil perhitungan biaya perencanaan pembangunan tersebut diperkirakan sebesar Rp96.545.302.875. Kata Kunci: Gerbang tol, peningkatan layanan, panjang antrian, kepuasan pengguna.
Deskripsi Alternatif :The buildup of queues at Pasteur toll gate at peak times is assessed to have an impact on user's satisfaction. Level of user's satisfaction is low due to unfulfilled queue time at Pasteur toll gate with the criteria that the users desired. The purpose of this particular planning project is to solve queuing problems and generally increase Pasteur user's satisfaction. The theoretical basis used in this project planning is queuing theory and asset planning. The method used is descriptive method with qualitative and quantitative approach. Primary data analyzed is the result of field observation and interview to related parties, while secondary data comes from report document, regulations relating to the problem researched, standard unit price data issued by Kementrian Pekerjaan Umum and related partner companies. The results of this planning project shows that after the addition of basic facilities in the form of substantions, the queue times at Pasteur toll gate served in 6.8 minutes, it meets the queue time criteria which is less than 7 minutes. Then to overcome the problem of queue on GT Pasteur, the important facility planned is in information media form that will display the length of the queue that occurred in the entire toll gate of Bandung. Meanwhile, to improve the convenience of toll users at Pasteur toll gate, the supporting facilities are planned in the form of green open areas and the addition of public toilets at a distance of 100 meters to Pasteur toll gate. The calculation of the cost of development planning is estimated about Rp96,545,302,875. Keyword: toll gate, service improvement, length of queues, user's satisfaction.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Helmi Purwanti |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | helmi.purwanti@polban.ac.id |
E-mail CKO | helmi.purwanti@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Ir. Mei Sutrisno, M.Sc., Ph.D., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 135244004.pdf
(352354 bytes)
File : BAB 1 - 135244004.pdf
(357760 bytes)
File : BAB 2 - 135244004.pdf
(628348 bytes)
File : BAB 5 - 135244004.pdf
(167113 bytes)