Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Teknik Sipil > Program Studi Teknik Perancangan Jalan & Jembatan > 2017

Perancangan Ulang Struktur Bawah Jembatan Utama Citarum Ruas Jalan Tol Soreang-Pasir Koja

Redesign Of Substructure The Main Bridge Citarum On Toll Roads Soreang-Pasir Koja

Tugas Akhir, 006 / 2017 / TPJJ
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-09-03 15:05:19
Oleh : Disabilla Nofriari Suradipraja - 131134006 (disabillans@gmail.com)
Dibuat : 2017-11-01, dengan 4 file

Keyword : Jembatan Utama Citarum, Perancangan Ulang Struktur Bawah Jembatan
Subjek : Citarum Main Bridge, Redesign of Substructure Main Bridge

Jalan Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) merupakan jalan tol yang menghubungkan antara Kota Bandung dengan Kabupaten Bandung, tepatnya daerah Pasir Koja dengan Soreang dan tol ini terkoneksi juga dengan Tol Purbaleunyi. Dalam pembangunan Jalan Tol Soreang-Pasir Koja, terdapat pembangunan jembatan utama, salah satunya yaitu Jembatan Utama Citarum. Pada saat pelaksanaan pembangunan Jembatan Utama Citarum terdapat permasalahan, yaitu kedalaman yang dicapai dari beberapa tiang pancang tidak mencapai kedalaman yang sudah direncanakan sehingga berpengaruh terhadap kekuatan pondasi tersebut dalam menerima beban yang bekerja. Tujuan perancangan ulang struktur bawah Jembatan Utama Citarum ini agar pondasi tersebut lebih kuat dalam menaham beban yang bekerja. Pondasi tiang pancang yang aktualnya tidak sesuai dengan rencana yaitu bagian A1L, A1R, P2L, dan P2R pada Jembatan Citarum. Penanganan yang diajukan yaitu dengan menambahkan tiang pancang untuk menambah daya dukung tiang kelompok tersebut. Perhitungan daya dukung menggunakan metode Meyerhof (1976). Kontrol yang dilakukan dalam perhitungan dan analisis yaitu penurunan (settlement), daya dukung mendatar (lateral), dan perpindahan (displacement). Penambahan tiang pancang membuat dimensi pile cap juga bertambah, sehingga perlu dilakukan perhitungan terhadap tulangan pile cap. Hasil perhitungan dan analisis menunjukan bahwa pondasi tiang pada struktur tersebut memiliki daya dukung ijin kelompok yang kurang dari beban vertikal yang bekerja. Sehingga, jumlah tiang yang ditambahkan pada A1L yaitu 24 buah, A1R 33 buah, P2L yaitu 49 buah, dan P2R 56 buah. Pelebaran pile cap disambung dengan tulangan penyalur ke pile cap eksisting menggunakan adhesive anchor sebagai perekat. Tulangan pada pile dap menggunakan tulangan diameter 32 mm dengan jarak yang berbeda. Total harga keseluruhan pekerjaan sebesar Rp. 1.529.532.422. Kata kunci: Jembatan Utama Citarum, Perancangan Ulang Struktur Bawah Jembatan.

Deskripsi Alternatif :

Soreang-Pasir Koja Toll Road is a toll road which connecting Bandung City with Bandung Regency, this toll road is connect to Purbaleunyi toll road. In the construction of Soreang-Pasir Koja Toll Road, there is a major bridge construction, which one is Citarum Main Bridge. There is a problem at the time of construction process of Citarum Main Bridge, the achieved depth from several piles does not reach the planned depth and affect the strength of the foundation in receiving load. The purpose of redesigning the under structure of Citarum Main Bridge is that foundation will have more strength in receiving the load. The actual pile which not in accordance with the plan that is A1L, A1R, P2L, and P2R sections of the Citarum Bridge. The proposed solution is by adding some piles to increase the capacity of the pile group. The calculation of bearing capacity is using Meyerhof method (1976). the calculation and analysis is controlled by settlement, lateral bearing capacity, and displacement. The addition pile make the dimension of pile cap increased, so it needs to be calculated against pile cap reinforcement. The results of the calculation and analysis show that the pile foundation on the structure has a support capability of the group that is less than the vertical load. Thus, the A1L pile added to 24, A1R pile added to 33 pieces, P2L pile added to 49 pieces, and P2R pile added to 56 pieces. The widening of the pile cap is coupled with the reinforcing bar to the existing pile cap using adhesive anchor as adhesive. The reinforcement on pile cap uses 32 mm reinforcement bar, with different distance. Cost planning required is Rp. 1.529.532.422 Keywords: Citarum Main Bridge, Redesign of Substructure Main Bridge.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Hendry, Dip.Ing.HTL., M.T., Editor: Erlin Arvelina

Download...