Path: Top > Journal Politeknik Negeri Bandung > UP. MKU > SIGMA-MU > Volume 3 Nomor 2 September 2011

Telaah Hantaran Layanan Hotel Internasional dan Domestik

An Examination of the International dan Domestic Hotel Service Delivery

Journal from JBPTPPOLBAN / 2012-03-15 15:55:03
Oleh : Dwi Suhartanto
Dibuat : 2012-02-24, dengan 1 file

Keyword : loyalitas merek, kepuasan pelanggan, nilai layanan, kualitas layanan, citra merek, industri perhotelan

Artikel ini mengkaji perbedaan layanan berdasarkan atas merek asal (merek internasional dan domestik) yang dirasakan oleh pelanggan di industri perhotelan. Studi ini berusaha memperluas pemahaman kita tentang teori pemasaran jasa khususnya terkait dengan konstruk evaluasi layanan, yaitu: kualitas layanan, kepuasan pelanggan, nilai yang dirasakan, citra merek, dan loyalitas merek dengan unit analisis merek internasional dari domestic hotel. Dengan sampel yang diambil dari hotel berbintang empat, hasilnya menunjukkan bahwa tamu hotel internasional merasakan layanan yang lebih baik pada semua variable yang diujikan dibandingkan dengan apa yang dirasakan oleh tamu hotel domestik. Temuan ini menunjukkan bahwa perilaku loyal pelanggan di hotel bintang empat cenderung didorong oleh pertimbangan ekonomis dan rasional, bukan oleh budaya, etnosentrisme, atau faktor nasionalisme.

Deskripsi Alternatif :

This study reports an assessment of perceived service differences based on brand of origin (international and domestic brands) in the hotel industry context. This study endeavours to extend recent advances in services marketing theory on service evaluation constructs: service quality, customer satisfaction, perceived value, brand image, and brand loyalty to the international and domestic brand level of analysis. The results, drawn from sample four-star hotels, show that international hotel guests perceived better on all constructs tested compared to that of domestic hotel guests. These finding indicate that customers' loyalty behavior in four-star hotels tends to be driven by economical and rational consideration, rather than by culture, ethnocentrism, or a nationalism factor.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Idayu Gemalia

Download...