Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Teknik Konversi Energi > Program Studi Teknik Konversi Energi > 2018

Kinerja PLTD Type MTU 183 10V Mercedez Kapasitas 300 kVA Berbahan Bakar Ganda (Solar & LNG) Pada Kereta Pembangkit

Performance Test Of MTU 183 10V Mercedez Capacity 300 kVA Diesel Dual Fuel Powerplant (Solar & LNG) On Train Powerplant

Tugas Akhir, 005 / 2018 / TEN
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-09-06 12:21:38
Oleh : Elsya Ramadhani - 151711006 (elsyaelizza@gmail.com)
Dibuat : 2018-09-06, dengan 4 file

Keyword : Pembangkit Listrik Tenaga Diesel, mesin diesel, solar, LNG
Subjek : diesel power plant, diesel engine, diesel, LNG

Pengembangan bahan bakar alternatif selalu menjadi tujuan pemerintah untuk mengurangi konsumsi bahan bakar minyak. Penggunaan PLTD dengan bahan bakar ganda menggunakan solar dan LNG merupakan langkah pengembangan bahan bakar alternatif. Pengujian PLTD pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Seksi Sarana Dipo Induk Kereta Bandung Jl. Industri No. 65 tanpa penumpang menggunakan bahan bakar tunggal (solar) dan ganda (solar-LNG) digunakan untuk menyuplai listrik kereta api harina berupa AC, Audio, DVD, CCTV televisi, stopkontak dan lampu dalam kondisi statis dengan tujuan untuk mengetahui nilai efisiensi dan aspek ekonomi. Pengujian ini dilakukan dengan pengukuran volume solar menggunakan flowmeter pada tangki solar, menggunakan timbangan digital untuk mengukur massa LNG, dan pengukuran daya yang telah tertera pada power logic generator panel control. Data pengujian yang diperoleh meliputi volume solar (l), massa LNG (kg) dan daya output generator terhadap waktu pengujian yang konstan yaitu 1800 (s). Hasil pengolahan data diperoleh parameter energi bahan bakar input (kJ/s) yang akan digunakan untuk mencari nilai efisiensi dan biaya bahan bakar. Berdasarkan data hasil pengujian dan data yang telah diolah maka dapat disimpulkan bahwa pada pembangkitan yang sama pada sistem dual fuel membutuhkan energi bahan bakar yang besar tetapi dilihat dari biaya pembangkitan, lebih murah dari single fuel. Kata Kunci: Pembangkit Listrik Tenaga Diesel, mesin diesel, solar, LNG.

Deskripsi Alternatif :

Fuel development will be the government's goal to reduce fuel consumption. The use of diesel-fueled power plants using diesel and LNG is an alternative fuel development step. Testing of PLTD at PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Seksi Sarana Dipo Induk Kereta Bandung Jl. Industri No. 65 uses a single (diesel) and dual (diesel-LNG) fuel to supply rail, air conditioning, audio, DVD, television CCTV, power outlets and lights in the static condition, at no cost to standard and economic aspects. This measurement is carried out by measuring the volume of diesel using a flowmeter in a solar tank, using a digital scale to measure LNG mass, and measuring the power listed on the power logic generator control panel. The data collected include the volume of diesel (l), LNG mass (kg) and the generator output power over the time constant is 1800 s. The result of data processing is obtained by input energy parameter (kJ / s) which will be used to find efficiency and fuel cost. Based on the test results data and data that have been processed it can be concluded when the same loading on dual fuel system requires fuel energy greater than the cost of generation, cheaper than a single fuel. Keywords: diesel power plant, diesel engine, diesel, LNG.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Bambang Puguh Manunggal, S.T., M.Eng.

    Pembimbing 2: Dr. Sri Wuryanti, M.Si., Editor: Erlin Arvelina

Download...