Path: Top > Tesis Magister Terapan > Magister Terapan Keuangan & Perbankan Syariah > 2019

Service Quality, Customer Trust, Satisfaction, Dan Loyalty Pada Koperasi Syariah Di Jawa Barat

Service Quality, Customer Trust, Satisfaction, And Loyalty Of Islamic Cooperatives In West Java

Tesis, 003 / 2019 / MTKPS
Master Theses from JBPTPPOLBAN / 2019-11-19 12:21:15
Oleh : Fany Nelvana Arse - 175168004 (fany_nelvana@yahoo.com)
Dibuat : 2019-11-19, dengan 4 file

Keyword : Islamic Microfinances, Service Quality, Customer Trust, Satisfaction, Loyalty

Melalui kebijakannya, Bank Indonesia memutuskan pembiayaan untuk UMKM dapat dilakukan secara langsung atau melalui mitra (program hubungan) dengan lembaga keuangan mikro lainnya seperti koperasi syariah atau Baitul Maal wa Tamwil (BMT). Hal ini menjadi kesempatan bagi koperasi syariah/ BMT untuk tumbuh mengingat bahwa UMKM mendominasi dari total bisnis di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur hubungan antara variabel Service Quality, Customer Trust, Satisfaction, dan Loyalty di antara para nasabah koperasi syariah/BMT di Indonesia. Studi ini menggunakan survei lapangan berbasis kuesioner yang dikelola sendiri dengan data berjumlah 300 responden dengan pengambilan sampel pada Provinsi Jawa Barat, di beberapa kota besar di provinsi tersebut sebagai perwakilan. Data sampel dianalisis secara statistik melalui analisis jalur path dengan Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) untuk menentukan persepsi Service Quality, Customer Trust, Satisfaction, dan Loyalty nasabah. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Service Quality berpengaruh positif terhadap Satisfaction (dengan indikator paling berpengaruh adalah Reliability, Empathy, dan Responsiveness), sehingga menjadi penentu penting Satisfaction, namun tidak terhadap Loyalty. Dari perspektif manajerial, penelitian ini memberikan panduan bagi manajer koperasi syariah/BMT bahwa selain memberikan Service Quality yang tinggi, mereka juga harus menciptakan rasa percaya, Customer Trust harus diperhatikan karena dengan munculnya rasa percaya terhadap instansi dapat menciptkan rasa puas dan loyal kepada koperasi syariah/BMT. Satisfaction juga berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalty. Selanjutnya, penelitian ini diharap memiliki implikasi praktis bagi pembuat kebijakan koperasi syariah/BMT untuk lebih memahami niat perilaku nasabah koperasi syariah/BMT. Keywords: Islamic Microfinances, Service Quality, Customer Trust, Satisfaction, Loyalty.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Moh. Farid Najib. S.E., M.Si., Editor: Erlin Arvelina

Download...