Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Teknik Sipil > Program Studi Teknik Perancangan Jalan & Jembatan > 2020

Perancangan Perkerasan Kaku dan Perkuatan Lereng Terusan Jalan Arumanis, Dago

Rigid Pavement Structure and Slope Retrofitting Design of Arumanis Extentioned Street, Dago

Skripsi, 009 / 2020 / TPJJ
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-12-07 11:11:10
Oleh : Fauzan Fariz Gahara - 161134012 (fauzanfg20@gmail.com)
Dibuat : 2020-12-07, dengan 4 file

Keyword : slope stability, rigid pavement, soldier pile, capping beam
Subjek : stabilitas lereng, perkerasan kaku, soldier pile, capping beam

Terusan Jalan Arumanis merupakan satu-satunya jalan akses bagi warga Kampung Rancakalong, Dago. Terdapat retakan pada perkerasan jalan tersebut yang disebabkan tidak adanya dinding penahan tanah, maka perlu dilakukan perbaikan pada perkerasan jalan dan dilakukan perancangan perkuatan pada lereng. Perancangan perkerasan kaku mengacu pada Pd T-14-2003 tentang Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen, sedangkan perancangan perkuatan lereng mengacu pada SNI 8460 Persyaratan Perancangan Geoteknik. Analisis perancangan perkuatan lereng menggunakan bantuan software GeoStudio 2018. Berdasarkan hasil perhitungan perancangan perkerasan kaku didapatkan dimensi perkerasan kaku selebar 3,4 m dengan ketebalan 15 cm, dan digunakan campuran beton kurus setebal 15 cm sebagai material dipilih untuk lapisan pondasi bawah. Analisis lereng yang dilakukan mengalami peningkatan angka faktor kemanan dari 1.009 menjadi 1.382 setelah lereng diperkuat menggunakan struktur soldier pile dengan capping beam. Hasil akhir dari perancangan perkuatan lereng adalah penggunaan soldier pile berdiameter 30 cm dengan kedalaman 15 m dan diperkuat menggunakan ground anchor dan penggunaan capping beam dengan dimensi 700x400 mm.

Deskripsi Alternatif :

erusan Jalan Arumanis, Dago is the only access road for residents of Kampung Rancakalong. There are cracks in the pavement due to the absence of a retaining wall, it is necessary to repair the pavement and design the reinforcement on the slope. Rigid pavement design refers to Pd T-14-2003 about Cement Concrete Road Pavement Planning, while slope reinforcement design refers to SNI 8460 Geotechnical Design Requirements. Slope reinforcement design analysis utilize GeoStudio 2018 software. Based on the results of rigid pavement design calculations, rigid pavement dimensions are found to be 3.4 m wide with a thickness of 15 cm, and a lean concrete mix of 15 cm thickness is used as the selected material for the sub-base layer. The slope analysis resulted an increase in the safety factor number from 1,009 to 1,382 after the slope was strengthened using a soldier pile structure with a capping beam. The final result of the slope reinforcement design is the use of a soldier pile with a diameter of 30 cm, a depth of 15 m and reinforced using a ground anchor and the use of a capping beam with dimensions of 700x400 mm.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Dr. Mardiana Oesman, BSCE., M.T.


    Pembimbing 2: Andri Krisnandi, S.ST., M.Eng., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...