Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Moh. Farid Najib. S.E., M.Si., Editor: Erlin Arvelina

Download...

Path: Top > Tesis Magister Terapan > Magister Terapan Keuangan & Perbankan Syariah > 2019

Religiusitas, Kepercayaan, Citra Dan Loyalitas Pada Industri Lembaga Keuangan Mikro Syariah Di Jawa Barat

Religiosity, Trust, Image, And Loyalty Of Sharia Microfinance Industry In West Java

Tesis, 010 / 2019 / MTKPS
Master Theses from JBPTPPOLBAN / 2019-11-19 12:19:38
Oleh : Fertika Puspita Dewi - 175168018 (fertikapd@gmail.com)
Dibuat : 2019-11-19, dengan 4 file

Keyword : lembaga keuangan mikro syariah, koperasi syariah/BMT, religiusitas, citra, kepercayaan, dan loyalitas

Mengembangkan dan memiliki loyalitas pelanggan sangat penting karena bisa berdampak positif pada hasil bisnis seperti jumlah deposit, biaya operasi dan pemasaran, retensi pelanggan suku dan kemudian pendapatan. Dengan menciptakan pelanggan yang loyal terhadap produk maupun organisasinya, suatu organisasi bisnis akan dapat meningkatkan kinerja bisnisnya, karena pentingnya mempunyai pelanggan yang loyal tersebut, memahami bagaimana membangun loyalitas pelanggan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi setiap organisasi. Dengan kata lain, loyalitas merupakan strategi penting untuk mengembangkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Namun, literatur menunjukkan kurangnya perhatiaan pada menilai loyalitas dalam konteks lembaga keuangan mikro syariah (koperasi syariah/BMT). Penelitian ini mencoba untuk memeriksa loyalitas nasabah melalui tiga faktor penentu penting, yakni religiusitas (religiosity), kepercayaan (trust), dan citra (image). Lebih spesifik, studi ini ditujukan untuk menilai efek langsung dari religiusitas (religiosity) terhadap loyalitas nasabah dan mengevaluasi efek mediasi kepercayaan (trust) dan citra (image) pada hubungan antara religiusitas (religiosity) dan loyalitas masabah lembaga keuangan mikro syariah (koperasi syariah/BMT di Jawa Barat). Penelitian ini menggunakan survei lapangan berbasis kuesioner yang dikelola sendiri dengan data berjumlah 300 responden dengan pengambilan sampel pada Provinsi Jawa Barat, Indonesia, di beberapa kota besar di provinsi tersebut sebagai perwakilan. Data sampel dianalisis secara statistik melalui analisis jalur path dengan Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) untuk menentukan persepsi religiosity, image, trust, dan loyalty. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Trust dan Image berpengaruh positif Loyalty, tetapi Religiosity tidak mempengaruhi Loyalty. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun religiusitas seseorang dianggap baik, itu tidak membuat pelanggan harus loyal kepada koperasi syariah/BMT. Pelanggan akan lebih loyal jika koperasi syariah/BMT dapat memberikan citra dan rasa percaya yang baik sehingga menimbulkan keinginan nasabah untuk bersikap loyal. Namun, Religiosity memiliki pengaruh terhadap Trust dan Image, sehingga penting pula meningkatkan Religiosity agar secara tidak langsung dapat meningkatkan Loyalty. Kata kunci: lembaga keuangan mikro syariah, koperasi syariah/BMT, religiusitas, citra, kepercayaan, dan loyalitas.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id