Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Teknik Sipil > Program Studi Teknik Konstruksi Sipil > 2019

Pengukuran Tingkat Pelayanan Jalan Berdasarkan Permenhub KM No. 14 Tahun 2006 Dan U.S. HCM 1994 (Studi Kasus Jalan Asia-Afrika Kota Bandung)

The Level Of Service Measuring Based On Permenhub KM No. 14 2006 And The U.S. HCM 1994 (Case Study Asia-African Street Bandung)

Tugas Akhir, 023 / 2019 / KSI
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-03-31 20:59:30
Oleh : Fiki Albi - 161121042 (fikialbi@gmail.com)
Dibuat : 2020-03-31, dengan 4 file

Keyword : Kinerja Jalan, Tingkat Pelayanan Jalan, Derajat Kejenuhan, Tundaan
Subjek : Road Performance, Level of Service, Degree of Saturation, Delay

Kinerja jalan merupakan ukuran kemampuan suatu jalan dalam melayani lalu lintas kendaraan yang membebani jalan tersebut. Suatu jalan dengan kepadatan yang tinggi membutuhkan kinerja yang tinggi pula sehingga mempunyai tingkat pelayanan jalan yang baik. Jalan Asia-Afrika merupakan jalan arteri primer yang terletak di pusat Kota Bandung dengan kepadatan yang cenderung tinggi dengan berbagai hambatan samping seperti pejalan kaki dan kendaraan berhenti di beberapa lokasi keramaian, sehingga perlu dilakukan analisis terkait kinerja lalu lintas dan tingkat pelayanan jalan pada jalan Asia-Afrika Kota Bandung. Tugas akhir ini mengambil objek tinjauan sepanjang 1,5 km meliputi 4 ruas jalan, 1 simpang bersinyal dan 1 simpang tidak bersinyal. Untuk Ruas 1 yaitu antara simpang Lima dan simpang Tamblong, Ruas 2 terletak antara simpang tamblong dan simpang Braga-Asia-Afrika, Ruas 3 yaitu antara simpang Braga-Asia-Afrika dan Alun-alun, sedangkan untuk Ruas 4 yaitu antara Alun-alun dan simpang Otista. Untuk simpang bersinyal diambil objek yaitu simpang Tamblong sedangkan untuk simpang tidak bersinyal yaitu pada simpang Braga-Asia-Afrika. Dari hasil perhitungan kinerja lalu lintas didapatkan nilai derajat kejenuhan tertinggi pada ruas terdapat pada Ruas 4 yaitu sebesar 0,977 dengan kecepatan kendaraan ringan yaitu 31,27 km/jam sehingga menghasilkan indeks tingkat pelayanan berdasarkan Permenhub KM No. 14 2006 dan US HCM 1994 masing-masing yaitu F dan C. Sedangkan untuk simpang Tamblong menghasilkan derajat kejenuhan tertinggi pada peak hour tertinggi untuk lengan utara yaitu 1,162 dan untuk lengan timur sebesar 1,071 dengan tundaan simpang rata-rata yaitu 273,21 detik sehingga menghasilkan indeks tingkat pelayanan F. Sementara untuk simpang tidak bersinyal Braga-Asia-Afrika menghasilkan nilai derajat kejenuhan simpang tertinggi yaitu 2,244 dan menghasilkan indeks tingkat pelayanan F. Dari nilai kinerja dan tingkat pelayanan jalan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa jalan Asia-Afrika merupakan jalan dengan kondisi jenuh. Kata Kunci: Kinerja Jalan, Tingkat Pelayanan Jalan, Derajat Kejenuhan, Tundaan.

Deskripsi Alternatif :

Road performance is the measure of the road ability in serving the vehicles traffic that loading the road. A high density road requires high performance, so it can have a good level of service. Asia-Africa Street is an primary arterial road located in the heart of Bandung City that tends a high density with various side frictions such as pedestrians and vehicles stopping at several crowd locations, so it's necessary to do analysis that relates to traffic performance and level of service on the Asia-Africa Street Bandung. This final project takes object with along 1.5 kilometers contains of 4 road sections, 1 signalized intersection and 1 unsignalized intersection. For section 1, which is between the Simpang Lima Junction and the Simpang Tamblong junction, section 2 is located between Simpang Tamblong junction and Simpang Braga-Asia-Africa Junction, section 3 is between the Braga-Asia-Africa junction and the Alun-alun city square, and the section 4 is between the Alun-alun city square and the Otista junction. For the signalized intersection is taken at Simpang Tamblong junction, while for the Unsignalling Junction is taken at the Simpang Braga-Asia-Africa Junction. From analysis results of the traffic performance obtained the highest degree of saturation on the road section is on Section 4 with the value is 0.977 and the mean speed is 31.27 km/h that resulting level of service's index based on Permenhub KM No. 14 2006 and US HCM 1994 each is F and C. For Tamblong Signalized Intersection obtained the highest degree of saturation at the highest peak hour for the north arm is 1.162 and for the east arm is 1.071 with average delay of intersection is 273.21 seconds and resulted level of service's index F. Meanwhile for Braga-Asia-Africa unsignalized Intersection resulted the highest degree of saturation is 2.244 and level of service's index F. From the Performance and level of service values, then it can be concluded that the Asia-Africa Street is a road with a densed condition. Keywords: Road Performance, Level of Service, Degree of Saturation, Delay.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Risna Rismiana Sari, S.T., M.Sc., Editor: Erlin Arvelina

Download...