Path: Top > Laporan Penelitian > JURUSAN AKUNTANSI

Pengaruh Metode Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Hukum Bisnis Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Keuangan Dan Perbankan Polban

The Effect Of The Problem Based Learning Method On Business Law Courses On The Learning Outcomes Of Finance And Banking Polban Students

Research Report from JBPTPPOLBAN / 2020-07-01 16:07:27
Oleh : Fiorida Mathilda, S.H., M.H. - 196007131989032001 (fiorida.mathilda@polban.ac.id)
Dibuat : 2020-07-01, dengan 1 file

Keyword : hukum bisnis, perbankan, problem based learning

Seluruh mahasiswa di program studi D3 Keuangan dan Perbankan (KP) Politeknik Negeri Bandung (Polban) wajib mengikuti maha kuliah Hukum Bisnis. Berdasarkan observasi, mahasiswa banyak mengalami kendala untuk memahami berbagai materi pada mata kuliah tersebut karena metode pembelajaran yang kurang tepat. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diaplikasikan dan sudah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pada mata kuliah lain adalah metode Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah menentukan pengaruh metode PBL pada mata kuliah Hukum Bisnis terhadap hasil belajar mahasiswa D3 KP Polban. Penelitian ini dilakukan pada bulan September – Oktober 2020 di Polban dan melibatkan 70 orang mahasiswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan satu kelas ekperimen dan satu kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ratarata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil kuesioner juga membuktikan bahwa mahasiswa di kelas eksperimen memiliki pemahaman yang lebih baik dari kelas kontrol. Mahasiswa kelas ekperimen juga mengaku bahwa metode PBL tidak merasakan adanya penambahan beban akademik yang berarti. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode PBL pada mata kuliah Hukum Bisnis dapat meningkatkan hasil belajar tanpa menambah beban akademik mahasiswa D3 KP Polban.

Deskripsi Alternatif :

All students in the D3 Finance and Banking (KP) Politeknik Bandung (Polban) are required to attend Business Law course. Based on observations, many students experience obstacles to understand the various materials in the course because the learning methods are less precise. One of the learning methods that can be applied and has been proven to be able to improve learning outcomes in other subjects is the Problem Based Learning (PBL) method. The purpose of this study was to determine the effect of the PBL method on Business Law courses on the learning outcomes of D3 KP Polban students. This research was conducted in September - October 2020 in Polban and involved 70 students. The method used is a quasi-experiment with one experimental class and one control class. Research data were collected by tests and questionnaires. The results showed that the average value of the experimental class was higher than the control class. The results of the questionnaire also prove that students in the experimental class have a better understanding of the control class. Students of the experimental class also admitted that the PBL method did not feel a significant increase in academic burden. Therefore, it can be concluded that the application of the PBL method in Business Law courses can improve learning outcomes without increasing the academic burden of D3 KP Polban students.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id