Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2015

Studi Identifikasi Permasalahan untuk Peningkatan Kualitas B2B E-Commerce (Studi Kasus : Website MG Bedbank)

Study of Problem Identification to B2B E-Commerce Quality Improvement (Case of Study: MG Bedbank Website)

Tugas Akhir, 037 / 2015 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-05-25 11:22:51
Oleh : Fulki Fakhri Alfaza - 125231050 (fulkifakh@gmail.com)
Dibuat : 2018-05-25, dengan 4 file

Keyword : Kualitas Pelayanan Elektronik, Kualitas Website, Reservasi Online, Business to Business (B2B)
Subjek : E-Service Quality, Website Quality, Online Reservation, Business to Business (B2B)

MG Bedbank merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan voucher hotel pada konsumen bisnis yaitu biro perjalanan. Seiring dengan perkembangan teknologi, MG Bedbank membuat sistem reservasi berbasis website atau disebut reservasi online. Dengan tujuan agar biro perjalanan dapat melakukan reservasi secara efektif dan efisien. Namun dari hasil pengamatan peneliti selama menjalani kegiatan kerja praktik diperusahaan MG Bedbank terdapat kendala-kendala yang membuat reservasi melalui website tidak berjalan efektif dan efisien. Untuk itu, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap kualitas website dan kualitas pelayanan elektronik pada reservasi online MG Bedbank. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam dengan menggunakan analisis data kualitatif. Wawancara dilakukan pada 16 informan dari biro perjalanan, satu orang informan pihak MG Bedbank, dan satu orang informan yang merupakan profesional IT developer. Hasil wawancara disajikan dalam bentuk transkrip. Selanjutnya dilakukan analisis menggunakan metode konten analisis. Dari hasil analisis data ditemukan beberapa pengalaman baik dan permasalahan yang dihadapi biro perjalanan. Permasalahan tersebut menyangkut keandalan sistem mengenai sering terjadinya kerusakan dan perbaikan sistem yang berdampak buruk bagi biro perjalanan. Lalu kecepatan proses reservasi seperti lambannya proses konfirmasi, dan penambahan saldo. Selain itu permasalahan ketersedian informasi seperti informasi yang tidak up-to-date mengenai ketersediaan kamar, tidak adanya informasi harga extra bed dan tidak adanya informasi mengenai layanan hotline 24 jam. Setelah itu, dilakukan pembahasan dari dikaitkan dengan teori yang relevan. Hasil dari penelitian adalah luaran berupa saran dalam bentuk strategi dalam menghadapi permasalahan dan peningkatan kualitas reservasi online pada website MG Bedbank. Dalam menentukan saran dan luaran peneliti melakukan diskusi dengan pihak MG Bedbank dan seorang profesional IT developer agar saran yang diberikan rasional dan dapa diaplikasikan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Elektronik, Kualitas Website, Reservasi Online, Business to Business (B2B).

Deskripsi Alternatif :

MG Bedbank is a company who engaged in the sale of voucher hotel sector on business consumer that is travel agency. Along with the development of technology, MG Bedbank create reservation system based on website or called reservation online. With the aim that travel agency can do reservation effectively and efficiently. But from the writer's observation during do internship in the company, MG Bedbank have constraints who made the reservation through the website doesn't work effectively and efficiently. For those reasons, writer interested in conducting research on the quality of the website and electronic service quality at MG Bedbank's online reservation. Data collection is performed by using in-depth interviews with using qualitative data analysis. Interviews were conducted at 16 informants from the travel agency, one informant parties from MG Bedbank, and one informant who is a professional IT developer. The results of interview are presented in the transcript form. Next do analysis with using content analysis method. From the result of analysis data found some good experiences and problems who faced by the travel agency. That problems are concerning the reliability of the system about the frequent occurrence of the damage and system of repair that bad affect for the travel agency. Then the speed of the reservation process such as slow process of confirmation and the addition of balance. Besides that the problems of information availability such as information that isn't up-to-date about room availability, no information of extra bed price and no information about the 24-hour hotline service. After that do the discussion based on theory who relevant. Results of the study is the output such as advice in strategy form in confront the problems and improving the quality of online reservation on the website of MG Bedbank. In determining suggestions and output, writer conduct discussion with the MG Bedbank and a professional IT developers in order the advice who given is rational and can be applied. Keywords: E-Service Quality, Website Quality, Online Reservation, Business to Business (B2B).

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Drs. Agustinus C. Februadi, M.Phil., Editor: Erlin Arvelina

Download...