Path: Top > Karya Tulis Ilmiah Tenaga Pendidik POLBAN di Terbitan Institusi Lain > Harmon Chaniago

Bisnis dan Daya Saing Usaha Kecil

Business and Competitive of Small Business

RISK*MAN Vol. I No.2 Oktober 2010. ISSN 2088-3013
Journal from JBPTPPOLBAN / 2014-03-26 10:51:07
Oleh : Harmon Chaniago (harmon@polban.ac.id)
Dibuat : 2014-03-24, dengan 1 file

Keyword : Bisnis, Daya Saing, strategi

Daya saing merupakan konsep yang umum didalam ekonomi untuk mengukur keberhasilan suatu organisasi baik perusahaan maupun negara. Daya saing bisnis akan menunjukkan seberapa produktif perusahaan menggunakan sumber daya yang dimilikinya untuk menguasai pasar, pangsa pasar dan mendapatkan tingkat keuntungan. Pada tingkat mikro daya saing bisnis juga dapat dilihat dari pasar yang dikuasai, harga, kualitas pelayanan dan sumber daya yang dimiliki. Sedangkan pada usaha kecil penentu daya saing itu adalah pengusaha itu sendiri. Pada usaha kecil daya saing mereka dapat dilihat dari beberapa faktor yang lebih rinci seperti: pertumbuhan output, pangsa pasar, omset, profit, rata-rata pendidikan pekerja, teknologi yang digunakan, efisiensi produksi dan nilai aset. Agar usaha kecil dapat meningkatkan daya saingnya, maka pengusaha perlu memiliki strategi. Melihat kondisi bisnis di Indonesia, beberapa strategi yang perlu diterapkan pengusaha kecil adalah Focus pada pelanggan tertentu atau Campuran antara Cost Leader dengan Diffrentiation.

Deskripsi Alternatif :

.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Idayu Gemalia

Download...