Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Teknik Elektro > Program Studi Teknik Listrik > 2017

Modifikasi Alternator Mobil Menjadi Generator Sinkron 1 Fasa

Modification Of Car Alternator As Single-Phase Synchronous Generator

Tugas Akhir, 012 / 2017 / TLI
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2017-11-13 09:46:12
Oleh : Hasbi Malik Fazri - 141321014 (hasbimalik8@gmail.com)
Dibuat : 2017-11-13, dengan 4 file

Keyword : alternator mobil, generator sinkron, modifikasi
Subjek : car alternator, synchronous generator , modification

Alternator mobil pada dasarnya adalah generator sinkron 3 fasa, terdapat penyearah sehingga tegangan keluaran 12 Vdc. Alternator mobil memiliki 12 kutub pada rotor sehingga ketika diputar 500 Rpm menghasilkan frekwensi 50 Hz, karena itu alternator mobil dapat diimplementasikan pada pembangkit listrik tenaga pikohidro. Karena tegangan keluarannya 12 Vdc maka alternator mobil perlu dimodifikasi pada kumparan stator sehingga menjadi generator sinkron 1 fasa 220 Vac. Tujuan tugas akhir ini akan merancang alternator mobil menjadi generator sinkron 1 fasa 220 Vac, 50 Hz pada putaran 500 Rpm. Setelah dimodifikasi, generator sinkron 1 fasa ini akan ditempatkan pada purwarupa Pembangkit Tenaga Listrik Pikohidro (PLTPH). Metodenya adalah dengan menambah jumlah lilitan pada kumparan stator, yang sebelumnya berjumlah 9 lilitan menjadi 313 lilitan. Karena bertambahnya jumlah lilitan maka diameter kawat diganti dari 1,4 mm² menjadi 0,25mm², setelah itu dilakukan pengujian karakteristik. Berdasarkan hasil pengujian tanpa beban, pada putaran 500 Rpm tegangan keluaran 220 Vac dan 50 Hz dengan tegangan eksitasi 12 Vdc. Generator sinkron ini hanya bisa dibebani optimal 31,6 Watt, dengan regulasi 37,5% dan efisiensi sebesar 55,4%. Kata kunci: alternator mobil, generator sinkron, modifikasi.

Deskripsi Alternatif :

Car alternator is basically a three-phase synchronous generator, there is a rectifier so that the output voltage is 12 Vdc. The car alternator has 12 poles on the rotor so that when rotated 500 Rpm produces 50 Hz frequency, therefore the car alternator can be implemented on a picohydro power plant. Because the output voltage is 12 Vdc then the car alternator needs to be modified on the stator coil to become a 220 Vac single-phase synchronous generator. The purpose of this final task will be to design the car alternator into a 220 phase Sync generator, 50 Hz at 500 Rpm. Once modificated, this single-phase sync generator will be placed on the Picohidro Power Plant prototype. The method is to increase the number of loops in the stator coil, which previously amounted to 9 windings to 313 turns. Due to the increasing number of wires, the wire diameter is changed from 1.4 mm² to 0.25mm², after which the characteristic testing is performed. Based on the results of the loadless test, at 500 m rounds of output voltage 220 Vac and 50 Hz with 12 Vdc excitation voltage. This synchronous generator can only be optimally loaded 31,6 Watt, with regulation 37,5% and efficiency 55,4% Keywords: car alternator, synchronous generator , modification.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Sarjono Wahyu Jadmiko, S.T., M.Eng.

    Pembimbing 2: Drs. Kartono Wijayanto., S.T., M.T., Editor: Erlin Arvelina

Download...