Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Drs. Mukaram, S.E., M.Ed.M., Editor: Erlin Arvelina

Download...

Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2019

Analisis Persepsi Konsumen Tentang Green Marketing Pada Kebijakan Kantong Plastik Berbayar (Studi Pada Konsumen Alfamart Jl. Warta Gatot Subroto Bandung)

Perceptions Of Consumer Analysis Green Marketing On Paid Plastic Bag Policy (Study On Alfamart Consumer Jl.Warta Gatot Subroto Bandung)

Tugas Akhir, 009 / 2019 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-02-14 10:00:37
Oleh : Hasna Rizki Aulia - 165211009 (hasna.rizki.abs16@polban.ac.id)
Dibuat : 2020-02-14, dengan 4 file

Keyword : Kantong Plastik Belanja, Peraturan Daerah No.17 Tahun 2012, Ritel
Subjek : Shopping Plastic Bags, Regional Regulations No.17 of 2012, Retail

PT Sumber Alfaria Trijaya atau Alfamart merupakan salah satu perusahaan berbentuk PT yang bergerak dibidang bisnis ritel. Sektor bisnis ritel identik dengan melakukan penjualan secara langsung pada konsumen akhir yang langsung digunakan untuk kepentingan pribadi bukan bisnis. Selain menjual barang yang berkualitas dalam sektor ini juga berkaitan dengan service yang diberikan. Salah satu service yang diberikan pada sektor ini yaitu dengan adanya fasilitas kantong belanja plastik yang bisa didapatkan secara gratis tanpa minimal pembelanjaan. Namun, sejak 1 Maret 2019 Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) resmi menerapkan kebijakan kantong belanja plastik berbayar seharga Rp. 200,00 sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Bandung No 17 tahun 2012 menegenai Pengurangan penggunaan kantong plastik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap green marketing pada kebijakan kantong plastik berbayar (studi pada konsumen Alfamart Jl Warta Gatot Subroto Bandung). Dalam metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun penyajian data dalam penelitian ini dilakukan melalui perhitungan mean dan standar deviasi. Dimensi dalam penelitian ini adalah proses Green Marketing (Ottman,2008) yaitu Know Customer, Empower Customer, Be Transparent, Reassure Buyer dan Consider Price. Cara memperoleh data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan penyebaran kuesioner. Hasil dari penelitian ini berada dalam kategori baik. Artinya persepsi konsumen dari sisi green marketing tidak mempermasalahkan adanya kantong belanja plastik berbayar. Namun dengan hasil yang baik ini menunjukan bahwa upaya green marketing dengan kebijakan kantong belanja plastik berbayar belum cukup untuk membuat konsumen beralih ke kantong belanja ramah lingkungan. Cara mengatasi masalah yang muncul sebaiknya pemerintah melalui APRINDO menaikan harga kantong belanja plastik, dan memberikan edukasi pada masyarakat seputar dampak yang ditimbulkan dari plastik. Kata Kunci: Kantong Plastik Belanja, Peraturan Daerah No.17 Tahun 2012, Ritel.

Deskripsi Alternatif :

PT Sumber Alfaria Trijaya or Alfamart is one company in the form of a PT engaged in retail business. The retail business sector is synonymous with selling directly to end consumers that are directly used for personal, non-business purposes. In addition to selling quality goods in this sector also relates to the services provided. One of the services provided in this sector is the presence of plastic shopping bags that can be obtained for free without a minimum of spending. However, since March 1, 2019 the Indonesian Retail Entrepreneurs Association (APRINDO) has officially implemented a policy of paying plastic shopping bags for Rp. 200.00 in accordance with the Regional Regulation of Bandung City No. 17 of 2012 concerning the reduction in the use of plastic bags. The purpose of this study was to determine consumer perceptions of green marketing on paid plastic bag policies (studies on consumers Alfamart Jl Warta Gatot Subroto Bandung). In the research method used is a descriptive method with a quantitative approach. The presentation of data in this study was carried out through calculation of mean and standard deviation. The dimensions in this study are the Green Marketing process (Ottman, 2008), namely Know Customer, Empower Customer, Be Transparent, Reassure Buyer and Consider Price. The way to obtain data in this study is by distributing questionnaires. The results of this study are in the good category. This means that consumers' perceptions of the green marketing side do not question the existence of paid plastic shopping bags. However, this good result shows that green marketing efforts with a policy of paid plastic shopping bags are not enough to make consumers turn to eco-friendly shopping bags. The way to overcome the problems that arise should the government through APRINDO raise the price of plastic shopping bags, and provide education to the community about the impact of plastic. Keywords: Shopping Plastic Bags, Regional Regulations No.17 of 2012, Retail.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id