Path: Top > Karya Tulis Ilmiah Tenaga Pendidik POLBAN di Terbitan Institusi Lain > I Gede Rasagama

Dampak Model Pembelajaran DIBeK dan P2D Terhadap Hasil Belajar Fisika Mahasiswa Teknik Kimia Politeknik dan Pengembangannya dalam Kegiatan Ujicoba Terbatas di Lapangan

Impact of DIBeK and P2D Models on Physics Learning Outcomes for Polytechnic Chemical Engineering Students and Development through Limited Testing Activities in Field

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains Tahun 2014 “Inovasi Pendidikan Sains dalam Menyongsong Pelaksanaan Kurikulum 2013”: 916-920. Surabaya, 18 Januari 2014. ISBN: 978-602-14702-6-8
Proceeding from JBPTPPOLBAN / 2014-06-13 08:16:39
Oleh : I Gede Rasagama; Kunlestiowati Hadiningrum; Mukhtar Ghozali (igesagama@polban.ac.id; igesagama@yahoo.co.id)
Dibuat : 2014-06-13, dengan 1 file

Keyword : DIBeK, P2D, kemampuan menganalisis, kemampuan mengevaluasi, dan penguasaan konsep

Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak awal terhadap peningkatan kemampuan menganalisis dan mengevaluasi mahasiswa dan keterlaksanaan model pembelajaran DIBeK dan P2D di lapangan. Metodenya kuasi eksperimen dan desain pretes postes tanpa kelas kontrol. Subjek penelitian adalah model pembelajaran yang diterapkan pada kelas I Prodi Analis Kimia D3 POLBAN. Instrumen penelitian meliputi tugas pendahuluan, LKM, petunjuk praktikum, lembar observasi, angket penilaian bagi fasilitas perkuliahan, angket respon bagi strategi perkuliahan, dan soal evaluasi. Hasil penelitian: (-) strategi perkuliahan mampu meningkatkan kemampuan berpikir dan penguasaan konsep mahasiswa dengan peningkatan analitik lebih tinggi dari evaluatifnya; (-) Peningkatan sub-indikator analitik tertinggi pada attributing dan evaluatif pada critiquing; (-) Perolehan NG penguasaan konsep tertinggi topik pendahuluan dan terendah Hukum Joule; (-) Rerata penilaian observer bagi aktivitas dosen dan mahasiswa berturut-turut 4,47 dan 4,52 serta keduanya di atas katagori terlaksana baik; (-) Indeks respon mahasiswa 3,04 Skala Likert (Zainul, 1997); (-) Tugas pendahuluan, petunjuk praktikum dan LKM mendapat penilaian mahasiswa, berturut-turut > 90% responden memilih katagori sedang dan tinggi, > 90% responden memilih bisa memahami, dan > 75% responden memilih bisa memahami; (-) Keterlaksanaan kegiatan di lapangan menunjukkan ada inkonsistensi beberapa konten soal evaluasi dengan butir indikator kemampuan berpikir dan kelemahan urutan kegiatan model DIBeK dan P2D.

Deskripsi Alternatif :

The purpose of the study to know the initial impact of DIBeK and P2D models in the increase of the ability to analyze and evaluate student, and the enforceability DIBeK and P2D models in the field. Method by quasiexperimental and design by pretest-posttest without control class. Subjects were learning model is applied to the class I Prodi POLBAN D3 Chemical Analyst. Research instruments include: preliminary task, LKM, lab instructions, observation sheets, assessment questionnaire for lecture facilities, a questionnaire response for lecture strategies, and evaluation questions. Results of the study: (-) lecture strategy can improve thinking ability and mastery of concepts students with analytical higher than evaluatif; (-) the highest increased of sub-indicator analytic in attributing and for evaluative in critiquing; (-) the highest NG acquisition of concept mastery in preliminary topics and lowest in Joule's Law topics; (-) mean score by observer for the activities of lecturers and students respectively 4.47 and 4.52; (-) index student response is 3,04 Likert Scale (Zainul, 1997) , (-) assesment for preliminary task, lab instructions and LKM that gets by student, respectively > 90% of respondents chose the category of medium and high, > 90% of respondents chose could understand, and > 75% of respondents chose could understand; (-) enforceability in field shows inconsistencies some content the item evaluation vs sub-indicators and weaknesses order activities in Dibek and P2D models.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id