Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Usaha Perjalanan Wisata > 2013

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Event BandCloth 2013

The Inflluence of Service Quality toward to the Visitors Satisfaction in BandCloth Event 2013

Tugas Akhir, 017 / 2013 / UPW
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2017-03-29 11:47:24
Oleh : Irfan Fahrizal - 105221016 (irfanfahrizal06@gamil.com)
Dibuat : 2017-03-29, dengan 4 file

Keyword : Kualitas pelayanan, Kepuasaan pengunjung, BandCloth 2013
Subjek : service quality, customer satisfaction, BandCloth 2013

Pada saat ini event merupakan kegiatan yang banyak diselenggarakan di kota Bandung. Meskipun banyak event yang diselenggarakan terutama di kota Bandung, masih dapat diduga adanya peningkatan pengunjung namun masih tidak mengetahui tingkat kepuasaan yang didapat oleh para pengunjung terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pengunjung. Terdapat dua variabel yaitu kualitas pelayanan dan kepuasan pengunjung. Kualitas pelayanan menggunakan lima dimensi yaitu tangible, emphaty, reliability, responsiveness, dan assurance. Responden penelitian berjumlah 157 orang teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Penyebaran kuesioner dilakukan kepada pengunjung yang menghadiri event. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Penelian dilakukan di event BandCloth 2013 dilapangan gazibu kota Bandung. Event dilaksanakan pada tanggal 26 – 27 April 2013. Hasil penelitian menyatakan bahwa reliability merupakan dimensi dengan nilai terendah yang berati bahwa kurangnya pelayanan yang terpercaya kepada pengunjung, seperti kurangnya informasi yang diberikan kepada pengunjung , susunan acara yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Sehingga perlu diadakan peningkatan dalam dimensi tersebut seperti adanya penjelasan tentang informasi dalam event dan kecepatan pelayanan yang diberikan dengan mengikuti acara sesuai dengan rancangan acara. Hasil analisis korelasi dan regresi menyatakan bahwa kualitas pelayanan memiliki hubungan yang erat terhadap kepuasaan pengunjung dan adanya pengaruh yang sangat signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung event BandCloth 2013. Maka dari itu perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan jasa untuk meningkatkan kepuasaan pengunjung di event Bandcloth 2014. Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Kepuasaan pengunjung, BandCloth 2013.

Deskripsi Alternatif :

At this time event one activity that organized by people in Bandung. Although many events are held mainly in Bandung, still may be expected an increase of visitors, but still not to know the level of satisfaction gained by the visitors to the quality of services provided. Thus this study was conducted to determine the quality of service to visitor satisfaction. There are two variables, service quality and visitor satisfaction. Service quality has five dimensions, those are tangible, empathy, reliability, responsiveness, and assurance. This study takes 157 respondents, using questionnaire data capture techniques. The questionnaire is broadcast to the visitors who attend the event. This study uses descriptive and verification method. The study was conducted in BandCloth 2013 event in gazibu Bandung. The event was held on 26 to 27 April 2013. The study states that reliability is the dimension with the lowest value which means that the lack of a reliable service to visitors, such as the lack of information provided to visitors, arrangement of events that do not comply with the promised. So there should be an increase in the dimensions of such a description of the event information and the speed of service provided to attend the event in accordance with the design. Results of correlation and regression analysis states that service quality has a close relationship to the visitor satisfaction and the significant effect between service quality on customer satisfaction event BandCloth 2013. Thus the need for improved quality of service to improve visitor satisfaction in the event Bandcloth 2014. Keywords: service quality, customer satisfaction, BandCloth 2013.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Any Ariani Noor, S.Pd., M.Sc., Editor: Erlin Arvelina

Download...