Path: Top > Tesis Magister Terapan > Magister Terapan Rekayasa Infrastruktur > 2019

Solusi Metode Konstruksi Dengan Analisis Risiko Kemacetan Pada Pelaksanaan Konstruksi Flyover Antapani Bandung

The Solution Of Construction Method Using Traffic Risk Analysis At Antapani Flyover Construction Bandung

Tesis, 009 / 2019 / MTRI
Master Theses from JBPTPPOLBAN / 2019-11-19 12:23:36
Oleh : Kathy Sulistianny - 161158007 (sulistiannykathy@gmail.com)
Dibuat : 2019-11-15, dengan 4 file

Keyword : Kemacetan, Panjang Antrian, Waktu Tundaan, Konstruksi Flyover Antapani
Subjek : Traffic Congestion, Queue Length, Delay Time, Antapani Flyover Construction

Kemacetan yang terjadi di simpang Antapani tidak dapat dihindari karena peningkatan arus lalu lintas dan kapasitas simpang yang tidak memadai. Pembangunan Flyover Antapani adalah upaya untuk mengatasi kemacetan pada simpang Antapani. Namun, pelaksanaan konstruksi Flyover Antapani menimbulkan kemacetan yang lebih panjang dari kondisi eksisting. Peningkatan kemacetan tersebut disebabkan oleh konstruksi Flyover Antapani yang menggunakan badan jalan, sehingga menyebabkan berkurangnya lebar efektif jalan pada simpang Antapani. Maka dari itu, perlu dilakukan analisis mengenai panjang antrian dan waktu tundaan akibat pelaksanaan konstruksi Flyover Antapani. Analisis yang dilakukan untuk mendapatkan panjang antrian dan waktu tundaan mengacu kepada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) pada simpang APILL tahun 2014. Metode analisis kemacetan menggunakan analisis risiko panjang antrian. Analisis kemacetan dilakukan pada pekerjaan konstruksi kritis yaitu pekerjaan abutment, baja gelombang, dinding jembatan, dan drainase. Analisis kemacetan dilakukan dengan memperhitungkan gangguan akibat konstruksi yaitu penyempitan jalan. Analisis kemacetan dimulai dengan analisis kemacetan pra konstruksi, saat konstruksi eksisting, dan saat konstruksi dengan alternatif solusi metode konstruksi. Kemudian hasil analisis akan dibandingkan dengan panjang antrian standar simpang, pra konstruksi, dan batas tidak mengganggu simpang berikutnya. Alternatif solusi yang dilakukan untuk mengurangi kemacetan yang terjadi saat pelaksanaan konstruksi yaitu optimalisasi metode konstruksi eksisting berupa rekayasa peningkatan kapasitas jalan, penjadwalan metode konstruksi, dan solusi gabungan antara peningkatan kapasitas jalan dan penjadwalan metode konstruksi. Berdasarkan hasil analisis kemacetan, panjang antrian yang terjadi selama masa konstruksi bertambah secara signifikan dari kondisi pra konstruksi. Panjang antrian kritis terjadi pada saat gangguan lalu lintas terbesar yaitu pekerjaan dinding jembatan. Hal tersebut terjadi karena penyempitan jalan pada pekerjaan dinding jembatan mencapai 63% dari lebar jalan. Alternatif solusi paling efektif untuk mengurangi kemacetan saat konstruksi yaitu solusi gabungan antara rekayasa peningkatan kapasitas jalan dan penjadwalan metode konstruksi. Alternatif solusi tersebut menghasilkan penurunan panjang antrian dan waktu tunda pada Jl. Terusan Jakarta mencapai 90% dari eksisting, dan pada Jl. Ibrahim Adjie Utara sebesar 86% dari eksisting. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penyempitan jalan akibat zona kerja konstruksi sangat berpengaruh terhadap kemacetan yang terjadi di sekitar area konstruksi. Untuk itu, pada setiap sebelum konstruksi dilaksanakan perlu diperhitungkan besarnya gangguan dan solusi terhadap kemacetan yang akan terjadi. Kata Kunci: Kemacetan, Panjang Antrian, Waktu Tundaan, Konstruksi Flyover Antapani.

Deskripsi Alternatif :

Antapani intersection could not be avoided by traffic congestion due to increasing traffic flow and low intersection capacity. Construction of Antapani Flyover is a method to solve traffic congestion at Antapani intersection. But, the implementation of Antapani Flyover construction caused traffic congestion more than existing condition. That condition caused by decreasing of effective road width due to Antapani Flyover construction. This research analyse the queue and delay time due to the implementation of Antapani Flyover construction. Traffic congestion analysis refers to the Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. The method of research uses risk analysis of queue length. Traffic congestion analysis focus on four critical construction works, namely abutment, corrugated steel, bridge wall, and drainage works. Traffic congestion analysis consider the narrowing of road due to construction. Traffic congestion analysis begin with pra construction traffic congestion analysis, existing construction, and proposed construction method solution. After that, the result of analysis compared by the queue standard of intersection, pra construction, and the boundary of does not disturb the next intersection. Three proposed alternative solution to decrease traffic congestion are increasing road capacity, scheduling construction methods, and combining solution between both of them. Based on the result of traffic congestion analysis, the queue during construction significantly increase from pra construction condition. The critical queue occur during the biggest disturbance of traffic namely bridge wall work. That was occured because of the narrowing of road during bridge wall work reaching up to 63% by road width. The most effective alternative solution to reduce traffic congestion during construction is a combined solution between increasing road capacity and scheduling construction methods. This alternative solution resulted a decrease of queue and delay time at Terusan Jakarta road reaching up to 90% by existing condition, and at Ibrahim Adjie Utara road reaching up to 86% by existing condition. The conclusion describes that the narrowing road of construction work zone has a huge influence on traffic congestion around construction area. By this result is suggested to consider the magnitude of disturbance as well as the solution of the traffic congestion that may occured. Keywords: Traffic Congestion, Queue Length, Delay Time, Antapani Flyover Construction.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Ir. Mei Sutrisno, M.Sc., Ph.D., Editor: Erlin Arvelina

Download...