Path: Top > Journal Politeknik Negeri Bandung > Jurusan Teknik Sipil > POTENSI > Volume 14 Nomor 1 Maret 2012

Pola Penanganan Pemeliharaan Ruas Jalan Lubuk Alung - Kurai Taji Km 44 + 425 s/d Km 48 + 550 Provinsi Sumatera Barat

Journal from JBPTPPOLBAN / 2013-09-26 11:26:20
Oleh : Lilian Diasti Dessi Widuri; Edie Djunaedi; Aidil Kurniawan; R. Andjar Prasetyo (amr_dgreat@yahoo.com)
Dibuat : 2013-09-26, dengan 1 file

Keyword : ruas jalan, Benefit Cost Ratio

Seiring dengan bertambahnya jumlag penduduk dan meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat, dapat mengakibatkan bertambahnya kendaraan. Salah satunya adalah ruas jalan Lubuk Alung – Kurai Taji merupakan jalur strategis yang berada di kawasan Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Padang Pariaman. Ruas jalan ini sangat potensial karena merupakan jalur perekonomian dan merupakan jalur angkutan penumpang serta barang antar kota, dan antar provinsi. Menurut sistem jaringan jalan ruas jalan Lubuk Alung – Kurai Taji mempunyai status sebagai jalan nasional, dikarenakan penanganan jalan tersebut diatur dan ditangani oleh pemerintah pusat, serta dilihat dari sistem dan fungsinya adalah sebagai Kolektor Primer. Hasil analisis menunjukan bahwa lalu lintas jalan Lubuk Alung- Kurai Taji masih mampu menampung pergerakan lalu lintas hingga tahun 2010, namun untuk tahun 2011 berdasarkan hasil prediksi peningkatan LHR per tahun diperkirakan ruas jalan tersebut berkinerja tidak normal dikarenakan Q/C > l dan kecepatan sudah tidak sesuai dengan hieark jalan. Ditinjau dari kondisi perkerasan sendiri umur sisa pelayanan jalan adalah 0,32 tahun lagi sehingga perlu segera dilakukan penanganan terhadap kondisi tersebut. Penanganan yang dilakukan terhadap kondisi tersebut adalah dengan melakukan pekerjaan pemeliharaan berupa peningkatan jalan seperti melakukan pelebaran jalan (widening) untuk meningkatkan kapasitas jalan dan melakukan pelapisan tambahan (overlay) untuk meningkatkan kondisi perkerasan jalan. Dalam melakukan penanganan tersebut perlu juga ditinjau nilai Benefit Cost Ratio (BCR) untuk mengetahui apakah penanganan tersebut cocok untuk dilakukan dengan persyaratan nilai BCR > 1. Dari hasil analisis diperoleh nilai BCR 2,74 sehingga penanganan terhadap ruas jalan Lubuk Alung – Kurai Taji khususnya pada KM 44+425 s.d. KM 48+550 sudah layak.

Deskripsi Alternatif :

.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id