Path: Top > Skripsi - D4 > Jurusan Teknik Sipil > Prodi Teknik Perancangan Jalan & Jembatan > 2013 > REGULER

PERENCANAAN PENINGKATAN RUAS JALAN MAHAR MARTANEGARA (LEUWIGAJAH), KEC. CIMAHI SELATAN, KOTA CIMAHI

THE IMPROVEMENT DESIGN OF MAHAR MARTANEGARA ROAD (LEUWIGAJAH), SOUTHERN DISTRICT OF CIMAHI, CIMAHI CITY

Tugas Akhir, 012 / 2013 / TPJJ
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-09-03 15:05:55
Oleh : Linda Aisyah - 091134012 (lindaaisyah@rocketmail.com)
Dibuat : 2015-06-30, dengan 4 file

Keyword : kerusakan perkerasan jalan, peningkatan jalan, drainase jalan bangunan pelengkap jalan
Subjek : surface road distress, improvement road, road drainage, complementary buildings road

Jalan Mahar Martanegara (Leuwigajah) merupakan jalan kota yang mempunyai fungsi jalan kolektor primer. Ruas jalan ini mempunyai peranan vital dalam menghubungkan kawasan industri dengan akses jalan ke Kota Cimahi. Akibat kegiatan mobilisasi dan kegiatan industri yang tinggi kinerja permukaan ruas jalan ini mengalami penurunan, dapat dilihat dari kondisi dilapangan mengalami kerusakan cukup parah, terlihat dari banyaknya jenis kerusakan jalan yang terdapat di ruas jalan ini yang dievaluasi secara visual maupun struktural Untuk dapat mengembalikan kondisi permukaan ruas jalan kembali baik, maka perlu dilakukannya peningkatan ruas jalan Mahar Martanegara ini meliputi peningkatan perkerasan lentur (existing) menjadi kaku menggunakan metode AASHTO 1993, perbaikan kondisi kemiringan dan dimensi drainase mengunakan pedoman Pd T 02–2006–B , dan perencanaan bangunan pelengkap jalan meliputi lampu penerangan jalan menggunakan pedoman SNI 7391 tahun 2008, rambu jalan menggunakan metode Bina Marga No. 01/P/BNKT/1991, marka jalan menggunakan pedoman Pd T 12–2004 B dan trotoar jalan menggunakan metode Bina Marga No. 007/BNKT/1990. Berdasarkan hasil perancangan dari peningkatan ruas jalan ini menghasilkan tebal perkerasan kaku yaitu setebal 9 inchi ~23 cm, dengan lapis pondasi bawah menggunakan lean mix concrete setebal 10 cm dan tulangan yang terdiri dari diameter dowel dan tie bars ialah 32 mm dan 16 mm. Untuk dimensi perencanaan drainase didapatkan lebar dan tinggi drainase ialah 0.7 meter dan 0.8 meter dan kemiringan saluran memanjang drainase sebesar 0.0005 %. Bangunan pelengkap jalan yang direncanakan terdiri dari lampu penerangan jalan, rambu jalan, marka jalan, dan trotoar jalan. Biaya yang diperlukan untuk peningkatan ruas jalan ini ialah Rp. 9.909.183.927,00,- (sembilan milyar sembilan ratus sembilan juta seratus delapan puluh tiga ribu sembilan ratus dua puluh tujuh rupiah). Kata kunci : kerusakan perkerasan jalan, peningkatan jalan, drainase jalan bangunan pelengkap jalan.

Deskripsi Alternatif :

Mahar Martanegara road is a city road that has a function is primary collector road. This road has a vital role to connecting the industrial area with road acces to Cimahi city. Due to mobilization activity is high, the performance of the road surface has decreased, it can be seen from the condition of the field suffered considerable distress, it seems there are many types of road distress in this road that evaluation visually and structurally. To find out a good road surface performance, it needs to be improved by changing the flexible pavement of Mahar Martanegara road (existing) to rigid pavement using AASHTO 1993, the improvement of the drainage slope condition and dimension using Pd T 02–2006 B. The design supplementary guidance building using SNI 7391 in 2008. The street signs using Bina Marga methods No. 01/P/BNKT/1991. The road marking using manual Pd T 12–2004 B and road sidewalk using Bina Marga No. 007/BNKT/1990. Based on the results of the road improvement design, the dimension of rigid pavement thickness is 9 inches ~ 23 cm. The subbase layer using lean mix concrete is 10 cm, and composed of diameter reinforcing dowel and tie bars using 32 mm and 16 mm respectively, for dimension of design drainage obtained wide and high drainage is 0.7 meters and 0.8 meters respectively. For slope extends drainage is 0.0005%, complementary bulidings road that planned consist of lights street, street signs, road markings and road sidewalk. The cost required for improvement of this road is Rp.9.909.183.927,00,- (nine billions nine hundred and nine millions one hundred eighty three thousands and nine hundred twenty seven rupiahs). Keyword : surface road distress, improvement road, road drainage, complementary buildings road.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Dr. Syahril, BSCE., MT.



    Pembimbing 2: Angga Marditama Sultan Sufanir, ST., MT.
    , Editor: Erlin Arvelina

Download...