Path: Top > Tesis Magister Terapan > Magister Terapan Keuangan & Perbankan Syariah > 2019

Analisis Pengaruh Pengungkapan Perusahaan dan Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)

The Analysis of Corporate Risk Disclosures and Their Impact Toward Firm Value on Companies Listed on Indonesia Sharia Stock Index (ISSI)

Tesis, 005 / 2019 / MTKPS
Master Theses from JBPTPPOLBAN / 2019-11-19 12:20:34
By : Maulida Dewi Firdaus Abdullah - 175168006 (maulida.dewi18@gmail.com)
Created : 2019-11-19, with 4 files

Keyword : Sektor Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Pengungkapan Risiko Perusahaan, Nilai Perusahaan, ISSI

Secara umum, tujuan utama perusahaan adalah untuk meningkatkan nilai perusahaan melalui peningkatan kesejahteraan pemilik dan pemegang saham. Informasi mengenai risiko perusahaan dapat membantu investor dalam mengidentifikasi jenis risiko apa yang akan dihadapi perusahaan dan membantu investor mengukur nilai perusahaan, sehingga dapat membantu investor dalam mengambil keputusan.Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan risiko pada perusahaan dan nilai perusahaan yang terdiri dari sektor industri, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage. Dan dampak dari pengungkapan risiko perusahaan pada nilai perusahaan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini berupa seluruh perusahaan yang terdaftar di ISSI selama 3 tahun dari 2015-2017. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di ISSI selama 3 tahun dari 2015-2017 yang berjumlah 73 Perusahaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa WarpPLS 6.0. Penelitian ini diharapkan akan dapat menambah wawasan bagi perusahaan untuk lebih memperhatikan penerapan pengungkapan risiko perusahaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan sehingga nantinya dapat menjadi rujukan bagi para stakeholder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan risiko. Sedangkan sektor industri tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan risiko perusahan. Kemudian variabel profitabilitas dan pengungkapan risiko perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan sektor industri dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: Sektor Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Pengungkapan Risiko Perusahaan, Nilai Perusahaan, ISSI.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTPPOLBAN
Organization
Contact NameHelmi Purwanti
AddressJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
CityBandung
RegionJawa Barat
CountryIndonesia
Phone022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
Administrator E-mailhelmi.purwanti@polban.ac.id
CKO E-mailhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Contributor...

  • Pembimbing: Dr. Iwan Setiawan, S.E., M.E., Editor: Erlin Arvelina

Downnload...