Path: Top > Karya Tulis Ilmiah Tenaga Pendidik POLBAN di Terbitan Institusi Lain > Angga Marditama Sultan Sufanir

Relokasi Fasilitas Parkir pada Badan Jalan untuk Mempertahankan Kapasitas Suatu Jalan (Studi Kasus: Jl. Kepatihan Dan Jl. Dalem Kaum, Kota Bandung)

Konferensi Nasional Teknik Sipil 8 (KoNTekS8) Institut Teknologi Nasional, Bandung, 16-18 Oktober 2014
Proceeding from JBPTPPOLBAN / 2015-05-12 14:51:17
Oleh : Melly Permata Sary; Angga Marditama Sultan Sufanir (melly_permatasary@yahoo. com; angga. mss@polban. a c. id)
Dibuat : 2015-05-12, dengan 1 file

Keyword : Fasilitas Parkir, Fasilitas Parkir Luar Badan Jalan, Fasilitas Parkir pada Badan Jalan, Kapasitas Jalan, Kapasitas Parkir

Fasilitas parkir adalah lokasi yang ditentukan sebagai tempat pemberhentian kendaraan yang tidak bersifat sementara untuk melakukan kegiatan pada suatu kurun waktu. Berdasarkan tempat dimana kendaraan melakukan parkir, fasilitas parkir dibedakan menjadi fasilitas parkir luar badan jalan dimana tempat parkir kendaraan dibuat khusus berupa taman parkir atau gedung parkir, dan fasilitas parkir pada badan jalan dimana tempat parkir kendaraan menggunakan sebagian badan jalan. Fasilitas parkir pada badan jalan menyebabkan berkurangnya kapasitas suatu jalan, hal ini terjadi pada Jalan Kepatihan dan Jalan Dalem Kaum di Kota Bandung. Berdasarkan analisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI1997), Jalan Kepatihan dan Jalan Dalem Kaum merupakan jalan perkotaan tipe satu arah (2/ 1) dengan kapasitas 1.444 smp/jam, akibat adanya fasilitas parkir pada badan jalan maka kapasitasnya berkurang menjadi 1.093 smp/jam. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mernpertahankan kapasitas Jalan Kepatihan dan Jalan Dalem Kaum, maka perlu merubah fasilitas parkir pada badan jalan menjadi fasilitas parkir Juar badan jalan sesuai Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir Dirjen Perhubungan Darat 1998, dengan cara merelokasi parkir kendaraan ke Gedung Parkir Alun-alun Bandung yang memiliki kapasitas parkir maksimum 334 mobil dan 751 motor, serta Gedung Parkir King's Shopping Center yang memiliki kapasitas parkir maksimum 363 mobil dan 729 motor.

Deskripsi Alternatif :

.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id