Path: Top > Karya Tulis Ilmiah Tenaga Pendidik POLBAN di Terbitan Institusi Lain > Muhammad Arman

Identifikasi Parameter Model Sistem Bidang Kendali Paruh Sayap Aeroelastik dengan Metoda Quasi-Newton

Parameter Identification of Aeroelastic Beak Control Plane System Model with Quasi-Newton Method

REINTEK (Rekayasa Innovasi Teknologi), Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terapan, Vol. 3, No. 1, Medan, Juni 2008, ISSN: 1907-5030
Journal from JBPTPPOLBAN / 2022-03-09 18:27:04
Oleh : M. Fadly dan Muhammad Arman (akangarman@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-03-09, dengan 1 file

Keyword : Identification, control surface, aeroelastic, quasi-Newton

Interaksi antara gaya-gaya aerodinamika, struktur dan inersia pada sayap pesawat dapat menyebabkan gaya-gaya aerodinamika yang tidak stasioner pada permukaan sayap. Gaya aerodinamika yang tidak stasioner tersebut dapat menimbulkan getaran pada struktur angin. Peningkatan kecepatan udara pada sayap akan merangsang dua frekuensi alami dari struktur sayap yang memiliki nilai pf frekuensi yang dapat menyebabkan fenomena yang lebih besar dapat ditekan dengan menggunakan board control surface pada sayap dengan cara membelokkannya untuk menghasilkan momen aerodinamika yang memiliki fase terbalik. getaran saat ini. Jadi, sistem kontrol permukaan yang memiliki keluaran defleksi akurat dalam sistem penting dalam penekanan flutter. Makalah ini menjelaskan pengembangan model matematis permukaan kendali pada model sayap setengah 3D. Pendekatan kuadrat terkecil nonlinier yang lebih sederhana diterapkan untuk mengidentifikasi semua parameter dari model fungsi transfer dasar dan data respons frekuensi eksperimental. Quasi-Newton yang tidak dibatasi digunakan untuk meminimalkan kesalahan respons frekuensi tertimbang antara parameter fungsi transfer estimasi dan respons frekuensi eksperimental.

Deskripsi Alternatif :

Interaction among aerodynamic forces, structure and inertial on airplane's wings could cause non stationer aerodynamics forces on the wing's surfaces. Those non stationer aerodynamics forces could generate vibration on the wind's structure. Increasing air speed on the wings will stimulate two natural frequencies of the wing's structure to have the value pf the frequency that could cause bigger phenomena could be suppressed by using board control surface on the wings by deflecting it to generate aerodynamics moment which have inverse phase of the current vibration. So, control surface system which has an accurate deflection output in an important system in flutter suppression. This paper describes the development of mathematical model of control surface in 3D half-wing model. Simpler nonlinear least squares approach is applied to identify all parameters from its base transfer function model and experimental frequency response data. Unconstrained quasi-Newton is employed to minimize weighted frequency response error between estimate transfer function parameter and experimental frequency responses.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Erlin Arvelina

Download...