Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Teknik Mesin > Program Studi Teknik Aeronautika > 2014

Modifikasi Propeler Diameter Sepuluh Inch Dan Pengoptimalannya Pada Fase Tinggal Landas Vertikal

Modification of 10-inches Propeller and Optimalization in Vertical Take-off Phase

Tugas Akhir, 031 / 2014 / AER
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-04-17 15:12:14
Oleh : Mohammad Jati Fauzi - 111221015 (mohammadjatifauzi@gmail.com)
Dibuat : 2018-04-17, dengan 4 file

Keyword : modifikasi, propeler, CFD NUMECA, Thrust
Subjek : modification, propeller, CFD NUMECA, thrust

Laporan Tugas Akhir ini berisi tentang memodifikasi sebuah propeler berdiameter 10 inch melalui perhitungan yang cermat dengan bantuan ms.excel dan divalidasi dengan menggunakan perangkat lunak CFD NUMECA untuk menentukan nilai karakteristik aerodinamika. Modifikasi Propeler bertujuan memperoleh distribusi twist yang optimal pada propeller yang baru untuk mendapatkan gaya dorong lebih besar pada RPM yang sama dengan propeler awal. Modifikasi propeler dilakukan dengan cara mengubah sudut puntir (twist) dari propeler dasar dengan cara ditambahkan sudut bilah propeler sebesar 2 dan 4 derajat. Sedangkan parameter seperti airfoil, diameter propeler, jumlah bilah, dan parameter lain lain mengacu pada propeler dasar. Modifikasi dilakukan dengan menggunakan blade element theory di mana propeler dibagi ke dalam beberapa section untuk mendapat karakteristik airfoil pada setiap section dari propeler dasar maupun hasil modifikasi. Hasil yang didapat dari pengubahan sudut twist + 2 derajat dari sudut bilah awal propeler ternyata dapat meningkatkan thrust maksimal sebesar 5%. Sedangkan untuk modifikasi +4 derajat didapatkan penurunan thrust maksimal sebesar 2% pada 1m/s. Untuk modifikasi sudut twist propeler sebesar 6 derajat diperoleh peningkatan thrust maksimal pada kecepatan 1m/s sebesar 10.6% dibandingkan propeler awal. Kata kunci: modifikasi, propeler, CFD NUMECA, Thrust.

Deskripsi Alternatif :

This final project report is about modifying a propeller which has a 10-inch-diameter by using an accurate calculation and helped by Excel; it is also validated by using CFD Numeca software to determine aerodynamic characteristic percentage. Modifying propeller is aimed to get the optimal distribution of twist in new propeller and to get more impetus from RPM from the previous propeller. Modifying propeller is done by changing the twist from the basic propeller by adding the blade angle. However parameter, such as airfoil, diameter of propeller, number of propeller blade,and the other parameters tend to the basic propeller. The modifying is done by using blade element theory which divide propeller into several sections to get airfoil characteristic in every section of basic propeller or modified propeller. The result of + 2 twist changing of blade angle of propeller basic succeed in increasing the thrust 5%. On the other hand, the modified +4 degree shows the decreasing of 18% in maximum thrust (1m/s). For the result of +6 degrees modification shows the increasing 10.6% of maximum thrust depending of basic propeller. Keywords: modification, propeller, CFD NUMECA, thrust.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Vicky Wuwung, S.T., M.T.

    Pembimbing 2: Y. Sinung Nugroho, Dipl.Ing., M.T., Editor: Erlin Arvelina

Download...