Path: Top > Proceeding Politeknik Negeri Bandung > Industrial Research Workshop and National Seminar (IRWNS) 2012: Peranan Penelitian Terapan dan Inovasi untuk Meningkatkan Daya Saing Nasional

Peranan Kepuasan Mahasiswa dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Suatu Survey Perguruan Tinggi Politeknik di Jawa Barat)

Proceeding from JBPTPPOLBAN / 2013-06-19 12:10:35
Oleh : Mukaram (mukaram@an.polban.ac.id)
Dibuat : 2013-06-10, dengan 1 file

Keyword : Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Angka Partisipasi Kasar (APK)

Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang (KPPTJP) mencanangkan daya tampung perguruan tinggi vokasi seperti politeknik hammpir dua kali lebih besar dari daya tampung program S1 pada tahun 2005. Capaian pada jenjang pendidikan tinggi telah terjadi peningkatan APK (Angka Partisipasi Kasar) setiap tahunnya dari 14,62% pada tahun 2004, 15% tahun 2005, 16,7 % tahun 2006, 17,5 tahun 2007, lalu menjadi 17,75% pada tahun 2008, dan diperkirakan menjadi 18,50% pada tahun 2009. Walaupun demikian, capaian APK pendidikan tinggi vokasi seperti politeknik sangat menghawatirkan karena terjadinya penurunan. Penurunan tersebut secara terus-menerus mulai dari tahun 2006 adalah 4,96 menjadi 3,86% pada tahun 2007. Setelah itu setahun kemudian menurun lagi menjadi 3,8% pada tahun 2008 (Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Nasional 2010-2014). Keadaan yang terbalik antara rencana dan capaian tersebut secara urgen menuntut diadakannya penelitian untuk mengetahui akar permasalahannya. Penelitian ini dilakukan terhadap para mahasiswa politeknik sebagai konsumen perguruan tinggi politeknik se Jawa Barat, dengan judul: Peranan Kepuasan Mahasiswa dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Suatu Survey Perguruan Tinggi Politeknik Di Jawa Barat). Penelitian menggunakan metode deskriptif, hal ini dilakukan dalam bentuk analisis data primer dari hasil penyebaran kuesioner. Jumlah mahasiswa sebagai responden adalah 1.511. Dari jumlah 1.511 terdiri dari mahasiswa politeknik negeri berjumlah 540, sedangkan sisanya yaitu berjumlah 971 adalah mahasiswa yang berasal dari politeknik swasta. Analisis statistik yang digunakan adalah Analisis faktor dengan alat bantu program aplikasi komputer Statistical Package for Social Science. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa kepuasan mahasiswa politeknik negeri lebih tinggi dari kepuasan mahasiswa politeknik swasta. kepuasan mahasiswa politeknik mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap Loyalitas mahasiswa politeknik di Jawa Barat. Walaupun tingkat kepuasan mahasiswa politeknik negeri cukup tinggi, tetapi Student body mahasiswa negeri masih rendah. Hal ini dimungkinkan karena perguruan tinggi politeknik negeri belum menjalankan kebijakan “open admission policy”. Direkomendasikan kepada para peneliti lain, kiranya perlu melanjutkan penelitian ini khususnya yang berhubungan dengan kinerja politeknik, Selain itu, penelitian ini hanya mengambil sampelnya berjumlah sepuluh politeknik yang tersebar di kabupaten-kabupaten yang ada di Jawa Barat, maka untuk pengambilan kebijakan tingkat nasional kiranya penelitian dengan sampel yang lebih besar dan mewakili perlu dilakukan.

Deskripsi Alternatif :

.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id