Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2014

Perancangan Tata Ruang Kantor Dan Lingkungan Fisik Kantor Di Bagian Satuan Pengawasan Intern Perusahaan Daerah Air Minum Tirtawening Kota Bandung

Designing Office Layout And Physical Environment In Internal Control Unit Of Perusahaan Daerah Air Minum Tirtawening Kota Bandung

Tugas Akhir, 049 / 2014 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-04-26 13:20:50
Oleh : Muthiara Annisa - 115211020 (muthiarannisa@yahoo.com)
Dibuat : 2018-04-26, dengan 4 file

Keyword : Tata Ruang Kantor, Lingkungan Fisik Kantor, Perancangan
Subjek : Office Layout, Physical Environment, Designing

Satuan Pengawasan Intern merupakan bagian fungsional atau non divisi pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirtawening Kota Bandung. Pekerjaan utama pada bagian tersebut adalah pemeriksaan terhadap unit-unit yang ada di perusahaan. Sebagai pemeriksa, karyawan di bagian tersebut membutuhkan ruangan yang nyaman untuk meningkatkan produktivitas kerja. Berdasarkan hasil penelitian Mulyati dan Kartini dalam Chaniago (2013) menyimpulkan bahwa lingkungan fisik kantor mempengaruhi kenyamanan kerja karyawan dan mempengaruhi produktivitas. Riset-riset pada bidang perkantoran telah membuktikan bahwa lingkungan fisik kantor mempunyai pengaruh terhadap kenyamanan orang yang bekerja dalam ruangan tersebut. Penulis melakukan proyek perancangan tata ruang kantor dan lingkungan fisik kantor pada Bagian Satuan Pengawasan Intern. Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengetahui kondisi awal tata ruang kantor dan lingkungan fisik kantor dan hasil perancangan proyeknya. Kondisi awalnya adalah ruangan terlihat sempit dan gelap karena warna cat dinding gelap, penempatan lemari arsip terhalang oleh meja karyawan sehingga sulit dijangkau, banyak peralatan dan perlengkapan kantor yang sudah tidak berfungsi masih disimpan. Prosedur kerja perancangan tata ruang ini adalah observasi, wawancara, pendokumentasian, pengukuran, analisis pekerjaan, perancangan proyek, perkiraan biaya, dan terakhir pembuatan maket atau miniatur ruangan. Setelah mendapatkan data dan informasi dari prosedur kerja yang ada, maka dilakukan pembuatan rancangan yang dibuat berdasarkan azas jarak terpendek, azas penggunaan segenap ruang, azas rangkaian kerja, dan azas mengenai perubahan susunan tempat kerja. Hasil dari proyek ini berupa rancangan gambar tata ruang dan lingkungan fisik kantor yang sesuai dengan azas tata ruang dan kebutuhan ruang kerja. Gambar dibuat menggunakan softwawe ArchiCAD. Dengan rancangan yang dibuat ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan karyawan dalam melakukan pekerjaan, sehingga produktivitas karyawan meningkat. Kata Kunci: Tata Ruang Kantor, Lingkungan Fisik Kantor, Perancangan.

Deskripsi Alternatif :

Internal Control Unit is part of functional or non-division at Perushaan Daerah Air Minum Tirtawening Bandung. The main work on the section is an auditing of the existing units in the company. As an aufitor, the employee in that section require a comfortable room to increase work productivity. Based on the research results Kartini and Mulyati in Chaniago (2013) concluded that the physical environment affects office employee comfort and productivity influence. Research in the field office has proven that physical office environment has an influence on people who work in the comfort of the room. The author did a project office layout and design of the physical environment in the office of Internal Audit Unit. The purpose of this project is to determine the spatial initial conditions, such as flow of work in the room, the placement of furniture and office supplies, office physical environment, ie light, color, air, and sound, as well as to determine the spatial design of the physical environment and effective office and according to the needs. Procedure design work is spatial observations, interviews, documentation, measurement, job analysis, project design, cost estimates, and final manufacturing of miniature mock ups or room. After getting the data and information from existing work procedures, then the drafting made based on the shortest distance principle, the principle of the use of the entire space, the working principle of the circuit, and the principle of the change in the composition of the workplace. The results of this project in the form of design drawings and the spatial physical environment office in accordance with the principles of layout and workspace needs. Image created using ArchiCAD software. Spatial planning in the Internal Control Unit has not been effective because employees feel less comfortable with the room. With a design that is created is expected to increase the comfort of the employees in doing the job, thus increasing employee productivity. Keywords: Office Layout, Physical Environment, Designing.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Ii Halilah, S.Sos., M.Si., Editor: Erlin Arvelina

Download...