Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2015

Analisis Loyalitas Pelanggan Pengguna Sim Card Prabayar Simpati (Studi Kasus Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung)

Analysis Of Customer Loyalty Simpati Card User (Case Study In State Polytechnic Bandung Students)

Tugas Akhir, 006 / 2015 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-05-24 08:36:40
Oleh : Mutia Gayatri Pangestu - 125211056 (mutia.gayatri.absd12@polban.ac.id)
Dibuat : 2018-05-24, dengan 4 file

Keyword : Loyalitas, Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Sim Card Simpati
Subjek : Loyalty, Customer, Customer Loyalty, Simpati Sim Card

Sim card prabayar Simpati adalah sim card prabayar yang paling banyak digunakan di Indonesia dari pada sim card prabayar yang lain dalam waktu tiga tahun berturut-turut (2013 samapai dengan 2015). Tarif Simpati sudah terjangkau dan banyak memiliki program paket-paket murah membuat Simpati banyak digunakan oleh siapa saja, salah satunya kalangan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di kampus Politeknik Negeri Bandung. Sampel adalah sebagian dari populasi. Maka sampel pada penelitian ini adalah sebagian mahasiswa Politeknik Negeri Bandung dari jumlah 5.324 mahasiswa diambil 100 sampel dengan metode purposive sampling, yakni dengan kriteria mahasiswa aktif angkatan 2014 sampai dengan 2011 dan menggunakan sim card prabayar Simpati. Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung dijadikan sampel penelitian karena hasil pilot test terhadap mahasiswa Politeknik Negeri Bandung yang menunjukkan lebih dari 10 orang dari 20 orang menjawab menggunakan sim card prabayar Simpati, mempunyai banyak rekan yang menggunakan Simpati, dan merasa puas menggunakan Simpati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana loyalitas pelanggan pengguna sim card prabayar Simpati pada mahasiswa Politeknik Negeri Bandung mengingat bahwa Simpati memiliki pelanggan yang paling banyak di Indonesia. Loyalitas pelanggan adalah sejauh mana seseorang menunjukkan sikap positif terhadap suatu merek, mempunyai komitmen pada merek tertentu, berniat untuk terus membelinya di masa depan, serta mampu merekomendasikan kepada orang lain. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa skala loyalitas pelanggan berdasarkan pengertian dari Mowen & Minor (2002) dengan 28 item skala pernyataan dan terdiri dari dua dimensi yaitu Behavior dan Attitude. Hasil penelitian menyatakan bahwa loyalitas pelanggan pengguna sim card prabayar Simpati pada mahasiswa Politeknik Negeri Bandung berada posisi "tinggi" dengan hasil 3,756. Kata Kunci: Loyalitas, Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Sim Card Simpati.

Deskripsi Alternatif :

Simpati is a prepaid sim card that is most widely used in Indonesia than others since three years ago (2013 until 2015). Simpati already have affordable rates and many program's package makes simpati can be used by anyone, the one of it is students. This research was carried out in Bandung State Polytechnic campus. Samples are part of the population. So, samples in this study were mostly students of Bandung State Polytechnic with total 5.324 students and takes 100 students being samples. The method to take sample use purposive sampling method. The students who can being samples are students who using a prepaid sim card simpati and students active from 2014 to 2011. Bandung State Polytechnic students being sample research because the results of pilot test is Bandung State Polytechnic students shows more than 10 people from 20 people say that they are using a prepaid sim card Simpati, have many friends who use the simpati too, and show satisfied response using simpati. This study aims to determine how the customer loyalty who use sim card users simpati in Bandung State Polytechnic students, remains that simpati has the biggest customers in Indonesia than sim card others. Customer loyalty is the degree to which a person shows a positive attitude toward a brand, has a commitment to a particular brand, intends to continue buy in the future, and be able to recommend it to others. Data collection tool using a questionnaire form scale customer loyalty based on the theory of Mowen & Minor (2002) with 28-item statement and consists of two dimensions, Behavior and Attitude. The results of customer loyalty prepaid sim card users simpati in Bandung State Polytechnic students in position "high" with the results of 3.756. Keywords: Loyalty, Customer, Customer Loyalty, Simpati Sim Card.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Sri Surjani Tjahjawati, M.Si., Editor: Erlin Arvelina

Download...