Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2018

Analisis Loyalitas Pelanggan Halal Network International-Herba Penawar Alwaidah (HNI-HPAI) Di Kota Cimahi

Analysis Of Halal Network International Herba Penawar Alwaidah (HNI-HPAI) Customer Loyalty In Cimahi

Tugas Akhir, 046 / 2018 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-11-28 09:33:21
Oleh : Nadya Syfa Paulina Lontoh - 155211053 (nadyasyfaa@gmail.com)
Dibuat : 2018-11-28, dengan 4 file

Keyword : loyalitas, pelanggan, perusahaan
Subjek : loyalty, customer, company

Saat ini perkembangan kebutuhan di bidang kesehatan sudah sangat pesat dan dijadikan sebagai usaha untuk mencari penghasilan. Salah satu penyedia produk kesehatan di Cimahi adalah Halal Network International-Herba Penawar Alwaidah (HNI-HPAI). Keberhasilan HNI-HPAI dalam membangun perusahaannya, tidak terlepas dari usaha yang dilakukan dalam membentuk loyalitas para pelanggannya. Bila loyalitas konsumen terbentuk, maka profitabilitas dan perkembangan perusahaan akan terjamin. Penelitian ini membahas mengenai tingkat loyalitas pelanggan produk HNI-HPAI di Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui loyalitas pelanggan dan tingkat dimensi loyalitas pelanggan HNI-HPAI di Kota Cimahi. Analisis deskriptif digunakan sebagai metode penelitian dengan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data penelitian. Populasi penelitian ini adalah pelanggan yang berbelanja di HNI-HPAI lebih dari sekali selama kurun waktu enam bulan dengan pengambilan sampel menggunakan 100 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat loyalitas pelanggan HNI-HPAI secara keseluruhan berada pada tingkatan yang tinggi dengan hasil mean 3,77. Namun berdasarkan dimensi-dimensi loyalitas pelanggan, terdapat dua dimensi yang memiliki nilai mean yang berada pada tingkatan kurang tinggi yaitu dimensi customer satisfaction sebesar 3,21 dan commitment sebesa 3,37. Untuk meningkatkan customer satisfaction, HNI-HPAI sebaiknya meningkatkan serta menyesuaikan produk yang ditawarkan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Selain itu, HNI-HPAI juga sebaiknya mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan dari segi demografi seperti usia, pendidikan, gender, dan pendapatan. Untuk meningkatkan commitment dari pelanggan, HNI-HPAI sebaiknya memastikan bahwa kualitas produk dan pelayanan yang diberikan memberikan keuntungan dan manfaat lebih kepada pelanggan, dan melakukan evaluasi terhadap kualitas pelayanan dan produk yang diberikan kepada pelanggan. Kata kunci: loyalitas, pelanggan, perusahaan.

Deskripsi Alternatif :

Currently the development of needs in the health sector has been very rapid and used as an effort to find income. One provider of health products in Cimahi is the Halal Network International-Herba Penawar Alwaidah (HNI-HPAI). The success of HNI-HPAI in building its company is inseparable from the efforts made in shaping the loyalty of its customers. If consumer loyalty is formed, then the profitability and development of the company will be guaranteed. This research discusses the level of customer loyalty of HNI-HPAI products in the city of Bandung. The purpose of this research is to determine customer loyalty and the level of dimensions of customer loyalty of HNI-HPAI in Cimahi City. Descriptive analysis is used as a research method with a questionnaire as a research data collection technique. The population of this research were customers who shop at HNI-HPAI more than once during a period of six months with a sample of 100 respondents. The results showed that the overall loyalty level of HNI-HPAI customers was at a high level with a mean result of 3.77. However, based on the dimensions of customer loyalty, there are two dimensions that have a mean value that is at a less high level namely customer satisfaction dimension of 3.21 and a commitment of 3.37. To improve customer satisfaction, HNI-HPAI should improve and adjust the products offered with the needs and desires of customers. In addition, HNI-HPAI should also identify customer needs and desires in terms of demographics such as age, education, gender, and income. To increase the commitment of customers, HNI-HPAI should ensure that the quality of products and services provided provide more benefits and benefits to customers, and evaluate the quality of services and products provided to customers. Keywords: loyalty, customer, company.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Ermina Tiorida, S.E., M.Si., Editor: Erlin Arvelina

Download...