Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2014

Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) Penerimaan Dan Pelayanan Tamu Di Balai Pelayanan Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Bandung

Designing Standard Operating Procedure (SOP) Receiving And Serving Guests In Balai Pelayanan Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Bandung

Tugas Akhir, 006 / 2014 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-05-04 10:17:05
Oleh : Nafila - 115211053 (nafilaharharah@gmail.com)
Dibuat : 2018-05-04, dengan 4 file

Keyword : Penerimaan Tamu, Pelayanan Tamu, Buku Pedoman, Standard Operating Procedure (SOP)
Subjek : Guest Reception, Guest Services, Guide Book, Standard Operating Procedure (SOP)

Tamu merupakan seseorang atau kelompok yang harus diperhatikan oleh sebuah perusahaan atau instansi. Tujuan tamu berkunjung ke perusahaan bermacam-macam, seperti kepentingan pribadi, kelompok dan dinas. Perusahaan sebaiknya memperlakukan tamu dengan sebaik-baiknya, karena kesan pertama bagi seorang tamu adalah pelayanan tamu. Penerimaan dan pelayanan tamu di Balai Pelayanan Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Bandung belum memiliki Standard Operating Procedure (SOP) yang menuntut karyawan untuk mengikuti tata cara proses penerimaan dan pelayanan tamu yang baik, sehingga kegiatan penerimaan dan pelayanan tamu di perusahaan tersebut kurang maksimal. Oleh karena itu, perlu dibuatnya rancangan Standar Operating Procedure (SOP) penerimaan dan pelayanan tamu untuk memaksimalkan kegiatan penerimaan dan pelayanan kepada tamu. Hasil dari rancangan adalah berupa Standar Operating Procedure (SOP) penerimaan dan pelayanan tamu yang di dalamnya terdapat tahapan atau alur kerja yang baik dan terstruktur mengenai penerimaan tamu, tata cara melayani tamu yang didalamnya terdapat bagaimana caranya agar penerima tamu memberikan pelayanan yang terbaik seperti apa yang harus dikatakan oleh seorang penerima tamu, dan hal-hal apa saja yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan oleh seorang penerima tamu. Selain itu, buku panduan Standar Operating Procedure (SOP) penerimaan dan pelayanan tamu pun dibuat untuk membantu perusahaan dalam melaksanakan alur kerja sesuai rancangan yang dibuat. Kata Kunci: Penerimaan Tamu, Pelayanan Tamu, Buku Pedoman, Standard Operating Procedure (SOP).

Deskripsi Alternatif :

Guest is someone that a company or an institution has to take a good care of. The purpose of guest's visit to a company is various, like personal, group and official business. A company do really have to serve its guest nothing but the best, because the first impression of a company would be how they serve their guests. Guest Reception and Services in BP3TKI Bandung doesn't have Standard Operating Procedure (SOP) for guiding the employees to follow step by step process how to receive and serve the guest well, it makes the activities done in not a maximal way. Therefore, a design of Guest Reception and Services Standard Operating Procedure (SOP) is needed to be created so that this activity would be done very well. This design forms a Guest Reception and Services Standard Operating Procedure (SOP) consists of good and structuralized work flow, steps how to serve guest that consist of how the guest server should give the best service to the guest like what has to be said and not to be said, what has to be done and not to be done. Furthermore, a guide book of this Standard Operating Procedure (SOP) is also created to help the company to do the work flow which had been made. Keywords: Guest Reception, Guest Services, Guide Book, Standard Operating Procedure (SOP).

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Sri Surjani Tjahjawati, M.Si., Editor: Erlin Arvelina

Download...