Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2018

Pengaruh Promosi Hadiah Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Promosi Hadiah Mobile Legend dari Smartphone VIVO)

The Influence of Gift Promotion on Consumer Purchase Intention (Case Study on Mobile Legend Gift Promotion from VIVO Smartphone)

Tugas Akhir, 020 / 2018 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2019-02-08 15:49:08
Oleh : Nendi Septia - 155231020 (nendiseptia95@gmail.com)
Dibuat : 2019-02-08, dengan 4 file

Keyword : Promosi Hadiah, VIVO Smartphone, minat beli
Subjek : Gift Promotion, VIVO Smartphone, Purchase Intention

Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari promosi hadiah yang dilakukan VIVO Smartphone terhadap minat beli konsumen. Hadiah yang ditawarkan berupa kartu berisi kode yang dapat digunakan didalam game Mobile Legend untuk mendapatkan karakter eksklusif secara gratis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuantitatif melalui pengumpulan kuesioner sebanyak 201 responden, dimana responden yang dilibatkan pada penelitian ini adalah para pemain game Mobile Legend dari berbagai kalangan. Metode sampling yang digunakan untuk melakukan pengumpulan data adalah simple sampling dengan tujuan agar data dapat terkumpul dengan cepat dan dengan biaya yang murah. Hasil dari penelitian ini menunjukan pengaruh yang signifikan antara evaluasi responden mengenai hadiah dari VIVO terhadap minat beli. Evaluasi dari responden terhadap hadiah diukur melalui tiga aspek yang terdapat pada suatu hadiah yaitu hedonic benefit, gift attractiveness, dan perceived fit. Dari ketiga aspek tersebut evaluasi responden yang paling rendah adalah terhadap variabel gift attractiveness, yang mana variabel tersebut berhubungan dengan seberapa menarik hadiah yang ditawarkan oleh VIVO dimata responden serta mampukah daya tarik dari hadiah tersebut menciptakan minat beli. Hasil dari penelitian kemudian digunakan untuk membuat luaran berupa desain hadiah yang memenuhi ketiga aspek yang mempengaruhi minat beli yaitu hedonic benefit, gift attractiveness, dan perceived fit. Kata Kunci: Promosi Hadiah, VIVO Smartphone, minat beli.

Deskripsi Alternatif :

The study was made with the purpose to know the influence of VIVO Smartphone Gift Promotion on Consumer Purchase Intention. The prizes that offered by VIVO is in the form of a card containing a code that can be used in Mobile Legend game to get exclusive characters for free. Data collection is done by quantitative methods through the collection of questionnaires as much as 201 respondents. Respondent that used in this research is Mobile Legend Player. The sampling method that used for data collecting is simple method in order to make the data collecting more quick and the cost is not too expensive . The results of this study showed a significant influence among evaluation respondents regarding gifts from VIVO against purchase intention. Evaluation of the respondents against the gift is measured through the three aspects, i.e. hedonic benefit, gift attractiveness, and perceived fit. But from the three aspects that were analyzed, respondents gave negative respond against gift attractiveness variable which means that the attractiveness of the gift that offered by VIVO is still not enough to create the consumer purchase intention. The result of the research was used to create the output in the form of design prizes that meet the three aspects that affect the purchase intention, i.e. hedonic benefit, gift attractiveness, and perceived fit. Keywords: Gift Promotion, VIVO Smartphone, Purchase Intention.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Nono Wibisono, S.E., M.Sc., Ph.D., Editor: Erlin Arvelina

Download...