Path: Top > Tesis Magister Terapan > Magister Terapan Rekayasa Infrastruktur > 2018

Peningkatan Kinerja Modifikasi Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC) Dengan Penambahan Masterbatch Karet Alam Padat

Performance Improvement Of Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC) Modification Using Masterbatch Solid Natural Rubber

Tesis, 005 / 2018 / MTRI
Master Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-09-19 10:33:37
By : Nindya Putri Yulianti - 161158011 (nindyaputr@gmail.com)
Created : 2018-09-03, with 4 files

Keyword : AC-WC Modifikasi, Masterbatch, Karet Alam Padat, Kinerja Struktural, Kinerja Fungsional
Subject : AC-WC Modification, Masterbatch, Solid Natural Rubber, Structural Performance, Functional Performance

Lapisan aspal beton/ laston/ asphalt concrete merupakan suatu lapisan pada struktur perkerasan yang terdiri dari campuran aspal keras dan agregat, dicampur dan dihampar dalam keadaan panas serta dipadatkan pada suhu tertentu. Asphalt concrete sebagai lapisan aus, dikenal dengan nama Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) dengan tebal nominal minimum 4,0 cm. Namun demikan, penggunaan lapisan AC-WC pada struktur perkerasan sering dihadapkan pada permasalahan penurunan kinerja akibat berkembangnya berbagai jenis kerusakan selama umur pelayanannya. Oleh karena itu diperlukan inovasi terhadap bahan lapis AC-WC yaitu dengan melakukan modifikasi AC-WC. Modifikasi AC-WC dapat dilakukan dengan menambahkan bahan tertentu, seperti karet alam, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja dari lapisan AC-WC itu sendiri. Disamping itu, Indonesia merupakan negara penghasil karet alam terbesar ke dua di dunia sehingga perlu dilakukan upaya pemanfaatan material karet alam sebagai bahan konstruksi. Permasalahan lainnya adalah teknik pencampuran antara karet alam padat dengan aspal dapat diselesaikan dengan cara masterbatch. Masterbatch merupakan salah satu solusi dalam mempermudah campuran antara karet alam padat dengan aspal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental skala laboratorium. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi pengujian karakteristik bahan dan campuran dengan variasi kadar masterbatch 0%, 2%, 4%, 6% dan 8%. Selanjutnya data hasil pengujian Marshall, tahanan deformasi, modulus elastisitas dan tahanan gelincir akan digunakan dalam analisis kinerja struktural dan fungsional dari lapis AC-WC modifikasi. Hasil penelitian karakteristik lapis AC-WC modifikasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan stabilitas Marshall lapis AC-WC modifikasi sebesar 8,39% pada kadar masterbatch 8%. Peningkatan tahanan deformasi terjadi sebesar 83,33% pada kadar masterbatch 8% dan peningkatan nilai modulus elastisitas terjadi sebesar 29,15% untuk kadar masterbatch 4%. Sedangkan hasil analisis kinerja struktural dan fungsional lapis AC-WC modifikasi memperlihatkan bahwa kinerja struktural berdasarkan nilai structural number mengalami peningkatan sebesar 0,90% yang mengakibatkan bertambahnya umur pelayanan sekitar 3,0 bulan. Sedangkan kinerja strktural berdasarkan lendutan mengalami peningkatan terbesar 1,10% terjadi pada kadar masterbatch 4%. Selanjutnya peningkatan kinerja struktural berdasarkan nilai rutting sebesar 16,59% terjadi pada kadar masterbatch 8%. Akhirnya peningkatan kinerja fungsional berdasarkan tahanan gelincir mengalami peningkatan sebasar 8,43% terjadi pada kadar masterbatch 4% dan 6%. Kadar masterbatch 4% pada campuran lapis AC-WC modifikasi merupakan pilihan yang efektif dan efisien untuk dapat diterapkan sebagai lapis permukaan suatu struktur perkerasan. Kata kunci: AC-WC Modifikasi, Masterbatch, Karet Alam Padat, Kinerja Struktural, Kinerja Fungsional.

Description Alternative :

Asphalt concrete is a pavement structure layer consisting of asphalt and aggregate mixture, mixed and spread in hot conditions and compacted at a certain temperature. Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) has a minimum nominal thickness of 4.0 cm. However, the use of AC-WC on pavement structures is often faced the problem of performance degradation due to the development of various types of damage during the service life. Therefore, it is necessary to innovate the AC-WC layer material by modifying the AC-WC. AC-WC modification can be done by adding certain ingredients, such as natural rubber, in order to improve the performance of the AC-WC layer itself. In addition, Indonesia is the second largest natural rubber producing country in the world so it is good to utilize natural rubber as a construction material. Another problem is the mixing technique between solid natural rubber and asphalt can be solved by masterbatch. Masterbatch is one of the solutions in facilitating the mix between solid natural rubber and asphalt. The method that used in this study is a laboratory-scale experimental method. Tests conducted in this study include testing the characteristics of ingredients and mixtures with variations in masterbatch content of 0%, 2%, 4%, 6% and 8%. Furthermore, Marshall, deformation resistance, elastic modulus and skid resistance test result data will be used in structural and functional performance analysis of the modified AC-WC layer. The results of the modified characteristics of AC-WC layer showed that there was an increase in the Marshall stability of modified AC-WC layer by 8.39% at 8% masterbatch content. Deformation resistance was increase 83.33% at 8% masterbatch content and elastic modulus was increase 29.15% at 4% masterbatch content. On the other side, the results of the structural and functional performance modified AC-WC layer analysis show that the structural performance based on the structural number has increased by 0.90% which resulted an increase of service life around 3.0 months. Whereas structural performance based on deflection has increased by 1.10% at 4% masterbatch content. Furthermore, the improvement of structural performance based on rutting has increased by 16.59% at 8% masterbatch content. Finally, the improvement of functional performance based on skid resistance has increased by 8.43% at 4% masterbatch content. 4% masterbatch content in the modified AC-WC layer is an effective and efficient choice to be applied as a surface layer of a pavement structure. Keywords: AC-WC Modification, Masterbatch, Solid Natural Rubber, Structural Performance, Functional Performance.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTPPOLBAN
Organization
Contact NameHelmi Purwanti
AddressJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
CityBandung
RegionJawa Barat
CountryIndonesia
Phone022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
Administrator E-mailhelmi.purwanti@polban.ac.id
CKO E-mailhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Contributor...

  • Pembimbing: Ir. Suherman Sulaiman, M.Eng., Ph.D., Editor: Erlin Arvelina

Downnload...