Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2018

Apakah Service Experience Quality mempengaruhi Kepuasan Konsumen? (Studi Kasus Wisata Atraksi Kontemporer di Kota Bandung)

Does Service Experience Quality Affect Customer Satisfaction? (Case Study Contemporary Tourist Attraction in Bandung City)

Tugas Akhir, 022 / 2018 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2019-02-08 15:52:36
Oleh : Novia Kardina Putri - 155231022 (kardinanovia@gmail.com)
Dibuat : 2019-02-08, dengan 4 file

Keyword : Wisata atraksi, Kualitas pengalaman layanan, kepuasan
Subjek : Tourist attraction, service experience quality, satisfaction

Industri pariwisata di Kota Bandung kian berkembang khususnya pada wisata atraksi yang melibatkan pengunjungnya pada kegiatan yang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata atraksi di Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kualitas pengalaman layanan yang dirasakan dan didapatkan oleh pengunjung wisata atraksi kontemporer di Kota Bandung, penelitian ini bertujuan pula untuk meningkatkan kepuasan pengunjung berdasarkan kualitas pengalaman layanan pengunjung. Agar tujuan tersebut tercapai maka penelitian ini menganalisis bagaimana pengaruh kualitas pengalaman layanan terhadap kepuasan pengunjung. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ialah variabel service experience quality dengan 5 dimensinya yaitu escape, peace of mind, involvement, learning dan recognition lalu variabel lainnya yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepuasan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner dengan hasil yang didapatkan dari 225 responden dengan rentang usia terbanyak yaitu 17-37 tahun yang dikumpulkan melalui teknik convenience sampling. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah diketahui bahwa adanya pengaruh yang positif diantara service experience quality dengan kepuasan khususnya pada dimensi escape dan peace of mind. Kemudian dari hasil penelitian yang sudah didapatkan maka dibuatlah luaran yang dapat menjadi rekomendasi ataupun masukan yang positif bagi para pihak pengelola wisata atraksi kontemporer di Kota Bandung. Kata Kunci: Wisata atraksi, Kualitas pengalaman layanan, kepuasan.

Deskripsi Alternatif :

Tourism industry in Bandung City is growing especially in tourist attraction that involves visitors on activities that have been provided by tourist attractions management in Bandung City. This study was conducted to know how the service experience quality that felt and gained by visitors tourist attractions in Bandung City, this study also aims to improve visitor satisfaction based on service experience quality. For this purpose to be achieved, this study analyze how the influence of service experience quality on visitor satisfaction. The variables used in this research are service experience quality variables with 5 dimensions such as escape, peace of mind, involvement, learning and recognition then other variables used in this research is satisfaction. The research data was collected by using quantitative approach through questionnaires distribution with the results obtained from 225 respondents with the most age range of 17-37 years that collected through convenience sampling technique. The results from this research is known that there is a positive influence between service experience quality with satisfaction, especially on the escape dimension and peace of mind. Then from the results of research then made an outcome that can be a recommendation or positive feedback for the tourist attractions management in Bandung City. Keywords: Tourist attraction, service experience quality, satisfaction.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Drs. Dwi Suhartanto, MCM., Ph.D., Editor: Erlin Arvelina

Download...