Path: Top > Terbitan/Publikasi Institusi Lain > Jurnal Terakreditasi LIPI > Kementerian Pekerjaan Umum > Pusat Litbang Jalan dan Jembatan > Jurnal Jalan - Jembatan > Volume 30 Nomor 2 Agustus 2013

Efek Reaksi Tekan Gelagar Baja Komposit dengan Menggunakan Metode Prakompresi

Compressive Reaction Effect of Composite Girder with Recompression System

Journal from JBPTPPOLBAN / 2014-05-30 10:06:34
Oleh : N. Retno Setiati; Risma Putra (retno.setiati@pusjatan.pu.go.id; risma.putra@pusjatan.pu.go.id)
Dibuat : 2014-05-30, dengan 0 file

Keyword : prakompresi, komposit, lendutan, tegangan, daya layan

Metode prakompresi merupakan salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan kapasitas dan daya layan jembatan komposit, yaitu dengan memberikan tegangan inisial pada pelat beton lantai jembatan atau gelagar baja. Jembatan jenis prakompresi merupakan hasil inovasi teknologi yang sudah pernah diterapkan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya lawan lendutan yang dihasilkan pada gelagar baja prakompresi diberikan pada gelagar baja sebelum dilakukan pengecoran lantai jembatan. Analisis didukung denganmembuat benda uji coba berupa balok baja profil IWF 400.300.9.16 bentang 16 m dengan berat 202118,2 N. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa setelah gelagar diberi gaya prakompresi, lendutan yang terjadi akibat beban hidup lebih kecil dari lendutan sebelum prakompresi yaitu 0,0196 m < 0,058 m. Jembatan dengan bentang 16 meter standar dapat menjadi 20 meter prakompresi, sehingga terjadi kenaikan kapasitas struktur kembatan sebesar 25%.

Deskripsi Alternatif :

.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Editor: Idayu Gemalia