Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2018

Analisis Faktor yang Mempengaruhi Guru Enggan Menggunakan Internet Sebagai Perangkat Pendukung Penyampaian Layanan Pengajaran (Studi Kasus: Guru di SMKN X Bandung)

An Analysis of Factor that Affect Teacher Reluctant Using Internet as Support Tools for Deliver Service

Tugas Akhir, 023 / 2018 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2019-02-08 15:55:16
Oleh : Nurdiena Islam - 155231023 (nurdiena.islam123@gmail.com)
Dibuat : 2019-02-08, dengan 4 file

Keyword : Internet, Guru, TAM
Subjek : Internet, Teacher, TAM

Internet merupakan salah satu teknologi yang sedang berkembang pesat di dunia. Internet menawarkan kemudahan untuk segala aktifitas sehari-hari. Penggunaan internet hampir dibutuhkan dalam setiap bidang salah satunya pada bidang pendidikan. Namun penggunaan internet terkait pendidikan hanya 9%. Dalam salah satu penelitian terdahulu menyebutkan bahwa anak generasi baru siap bekerja dengan teknologi. Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan dan kognitif . Maka sangat penting bagi guru untuk menerapkan teknologi dalam menyampaikan layanannya. Bagaimanapun, saat ini masih banyak guru yang belum menerapkan teknologi tersebut. Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor yang mendasari guru tidak melibatkan teknologi dalam mendukung pelayanannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengadopsi model penerimaan (TAM) sebagai dasar teori. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara secara mendalam kepada 10 guru di salah satu SMKN di Bandung. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa faktor yang mendasari guru tidak melibatkan teknologi dalam penyampaian layanannya ialah karena kurang dirasakannya kemanfaatan, kurang dirasakannya kemudahan dalam penggunaan, faktor internal dari dalam diri sendiri, serta faktor lingkungan. Diantara seluruh faktor yang ditemukan dari hasil analisis tersebut diketahui pula bahwa kurang dirasakannya kemanfaatan menjadi faktor paling dominan yang memicu tidak adanya minat guru dalam melibatkan teknologi sebagai perangkat pendukung dalam menyampaikan layanannya. Kata Kunci: Internet, Guru, TAM.

Deskripsi Alternatif :

Internet is the one of technology which being grow up faster in the world. Internet offers all convenience for all activities. Internet using is almost needed in every field with the one of them is in education. But the internet using in education is only 9%. In the one of past research said that the new generation ready to work with technology. The use of technology in learning process can improve skills and cognitive. So its very important for teacher to apply technology in delivering their service. However, nowadays there are still many teacher who have not using technology. This study discusses about factors that affect teacher not using technology especially internet to support their service. This study use qualitative method by adopting acceptance model (TAM) as basic theory. This study was conduct by conducting in-depth interview to 10 teachers in one of SMKN in Bandung. Based on the results of data analysis, its known that the factors that affect teacher not using internet for deliver their service because lack of perceived usefulness, lack of perceived easy of use, internal factor from themselves, and environmental factors. Among all factors found from the result of the analysis is also known lack of usefulness is the most dominant factor that that triggers the lack of interest of teachers in involving technology as a supporting tool in delivering its services. Keywords: Internet, Teacher, TAM.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Drs. Dwi Suhartanto, MCM., Ph.D., Editor: Erlin Arvelina

Download...