Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2018

Pengaruh Komponen Destinasi Wisata dan Kualitas Layanan Pantai Karangtawulan terhadap Minat Berkunjung Kembali

The Influence of Travel Destination Components and Service Quality Karangtawulan Beach on Revisit Intention

Tugas Akhir, 024 / 2018 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2019-02-08 15:56:47
Oleh : Parid Nugraha - 155231024 (paridnugraha2503@gmail.com)
Dibuat : 2019-02-08, dengan 4 file

Keyword : Komponen Destinasi Wisata, Kualitas Layanan, Minat Berkunjung Kembali, Wisatawan
Subjek : Travel Destination Components, Service Quality, Revisit Intention, Tourist

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengukur sejauh mana pengaruh serta hubungan komponen destinasi wisata dan kualitas layanan terhadap minat berkunjung kembali wisatawan ke Pantai Karangtawulan. Variabel independen dari penelitian yang dilakukan adalah adopsi dari Rizal Kurniansyah (2016) dimana terdapat lima indikator komponen destinasi wisata yaitu attraction, amenities, accessibility, ancillary, dan community involvement. Serta kualitas layanan Parasuraman et.al (1985) yaitu indikator tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Variabel dependen adalah minat untuk berkunjung kembali. Wisatawan yang datang berkunjung ke Pantai Karangtawulan merupakan responden dari penelitian dimana diminta untuk mengisi kuesioner pada saat survey. Terhitung selama satu minggu 216 kuesioner berhasil didapatkan, selanjutya di analisa menggunakan Statistical Package fot Social Science (SPSS 20) uji validitas reliabilitas, serta statistik deskriptif, korelasi, dan regresi. Berdasarkan analisis data menunjukan hasil bahwa penilaian wisatawan terhadap komponen destinasi wisata dan kualitas layanan masih belum baik. Namun terdapat hubungan yang positif dengan tingkat keeratan cukup serta berpengaruh dari komponen destinasi wisata dan kualitas layananan terhadap minat berkunjung kembali. Berdasarkan analisis lebih dalam, menunjukan hasil bahwa komponen destinasi wisata berpengaruh secara signifikan terhadap minat berkunjung kembali wisatawan. Selanjutnya variabel tersebut dianalisis sehingga diketahui bahwa terdapat item pernyataan yang memiliki penlilaian terendah. Item pernyataan yang dinilai masih rendah yaitu pantainya bersih, tersedia tempat penginapan, tersedia rumah makan, transportasi mudah didapatkan, informasi objek wisata lengkap/jelas, terdapat potongan harga tiket masuk/diskon untuk wisatawan, masyarakat memberikan informasi, dan ikut menjaga kebersihan pantai. Oleh karena itu penulis mengajukan luaran berupa program peningkatan kualitas lingkungan serta desain brosur yang memiliki kupon diskon/potongan harga. Kata Kunci: Komponen Destinasi Wisata, Kualitas Layanan, Minat Berkunjung Kembali, Wisatawan.

Deskripsi Alternatif :

The aim of the research is to measure the extent of influence and the relation of travel destination component and service quality on revisit intention to Karangtawulan Beach. The independent variable of the research is adoption of Rizal Kurniansyah (2016) where there are five indicators of travel destination component, that is attraction, amenities, accessibility, ancillary, and community involvement. And the service quality Parasuraman et.al (1985) are indicators of tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. Dependent variable is revisit intention. Tourists come to visit Karangtawulan Beach are respondents from the research where asked to fill out the questionnaire at the time of the survey. For one week 216 questionnaires were obtained, followed by Statistical Package fot Social Science (SPSS 20) reliability validity test, that is descriptive statistics, correlation, and regression. Based on the data analysis shows the result that the assessment of tourists to the travel destination component and service quality is still not good. However, there is a positive relationship with the level of closeness and influence of the travel destination component and service quality on revisit intention. Where based on the deeper analysis, shows the result that the travel destination component significantly influence on revisit intention to Karangtawulan Beach. Furthermore, these variables are analyzed so that it is known that there is a statement item that has the lowest rating. Item statements are still considered low, the beach is clean, available lodging, available restaurants, transportation is easy to get, complete tourist information/clear, there are discounts on admission for tourists, the public provide information, and participate in maintaining coastal cleanliness. Therefore, the authors propose an output in the form of environmental quality improvement programs and design brochures that have discount coupons. Keywords: Travel Destination Components, Service Quality, Revisit Intention, Tourist.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Gundur Leo, S.Si., M.M., Editor: Erlin Arvelina

Download...