Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Teknik Refrigerasi dan Tata Udara > Program Studi Teknik Refrigerasi dan Tata Udara > 2014

Analisis Performansi Training Unit AC Mobil Dengan Menggunakan Refrigeran HFC-134a Dengan Variasi (RPM) Kompresor

Performance Analysis Of Automotive Air Conditioning Unit Trainer Use HFC-134a Refrigerant Based On Rotation Speed Variety Of Compressor

Tugas Akhir, 011 / 2014 / RTU
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-04-03 16:11:52
Oleh : Pipit Pitrianingsih - 111611058 (pipitrianingsih26@gmail.com)
Dibuat : 2018-04-03, dengan 4 file

Keyword : AC mobil, refrigeran HFC-134a, Coefficient of Perfomance (COP)
Subjek : automotive air conditioning, refrigerant HFC-134a, Coefficient of Performance (COP)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi putaran kompresor terhadap unjuk kerja dari sistem AC mobil. Penelitian memakai training unit AC mobil yang telah dilengkapi dengan sensor temperatur dan tekanan. Komponen utama sistem AC mobil terdiri dari : kompresor, kondensor, receiver dryer, katup ekspansi, dan evaporator. Fluida kerja yang digunakan yaitu refrigeran HFC-134a. Pengujian dilakukan dengan memvariasikan putaran kompresor, yaitu 30 Hz, 40 Hz,dan 50 hz. Hasil penelitian menunjukkan semakin tinggi putaran kompresor maka COP akan mengalami penurunan. Dengan nilai COP_actual pada frekuensi 30 Hz sebesar 3.27, pada frekuensi 40 Hz sebesar 2.70, dan pada frekuensi 50 Hz sebesar 2.54. Semakin tinggi putaran kompresor maka kapasitas pendinginan akan semakin meningkat. Nilai kapasitas pendinginan pada frekuensi 30 Hz sebesar 2,69 kW. Nilai kapasitas pendinginan pada frekuensi 40 Hz sebesar 3,85. Nilai kapasitas pendinginan pada frekuensi 50 Hz sebesar 4.10kW. Kata kunci: AC mobil, refrigeran HFC-134a, Coefficient of Perfomance (COP).

Deskripsi Alternatif :

The purpose of this research is to analyze the performance of static automotive air conditioning system based on compressor speed variation. System is equipped with sensors to measure temperature and pressure. The automotive air conditioning test rig has several main parts: compressor, condenser, receiver-dryer, thermal expansion valve (TXV), and evaporator. Refrigerant HFC-134a is used as working fluid. Test is varied with compressor speed: 30 Hz, 40 Hz, and 50 Hz. The result indicates that coefficient of performance (COP) decrease as the increase of compressor speed. With the actual COP value at a frequency of 30 Hz at 3.27, at a frequency of 40 Hz at 2.70, and at a frequency of 50 Hz at 2.54. The result indicates that cooling capacity increase as the increase of compressor speed. Value of cooling capacity at a frequency of 30 Hz was 2.69 kW. Value of cooling capacity at a frequency of 40 Hz of 3.85. Value of cooling capacity at a frequency of 50 Hz for 4,10kW. Keywords: automotive air conditioning, refrigerant HFC-134a, Coefficient of Performance (COP).

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Luga Martin Simbolon, S.T., M.Sc.

    Pembimbing 2: Ade Suryatman Margana, S.T., M.Eng., Editor: Erlin Arvelina

Download...