Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2013

ANALISA MOTIVASI TURIS (MALAYSIA) DALAM BERBELANJA PRODUK FASHION DI KOTA BANDUNG

ANALYSIS OF TOURIST MOTIVATION (MALAYSIA) IN SHOPPING FASHION PRODUCTS IN BANDUNG

Tugas Akhir, 004 / 2012 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2014-05-19 11:37:32
Oleh : Rahmitannisa Isfani - 105231026 (rahmitannisaisfani@gmail.com)
Dibuat : 2014-05-19, dengan 4 file

Keyword : Hedonic, Utilitarian, Others dan Motivasi
Subjek : Hedonic, Utilitarian, Others and Motivation

Indonesia memiliki banyak jenis pariwisata yang membuat turis mancanegara menjadikan Indonesia sebagai salah satu tempat favorit untuk berwisata. Bandung merupakan salah satu tempat tujuan favorit para wisatawan. Terdapat banyak turis yang mengunjungi Bandung setiap bulannya selama tahun 2013. Kebanyakan dari turis yang berkunjung ke Bandung adalah turis Malaysia. Turis Malaysia ini gemar berwisata belanja ke tempat wisata belanja yang ada di Bandung seperti factory outlet, sentra Cibaduyut dan Pasar Baru Trade Center. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor mana yang lebih memotivasi turis Malaysia berbelanja ke Bandung, mengetahui faktor mana yang hubungannya paling erat serta mengetahui perbedaan motivasi antara shopping torists dan tourism shoppers serta perbedaan responden dilihat dari segi demografi. Menurut Babin et al. mengemukakan bahwa motivasi dibagi dalam dua kategori yaitu hedonic dan utilitarian, kemudian Sundstrom dan Lundberg menyatakan bahwa ada faktor lain yang memotivasi turis dalam berbelanja yaitu associations made with the destination dan experience of the destination dan Valle menyatakan satisfaction of the destination sebagai faktor yang memotivasi turis berbelanja. Ketiga hal tersebut dikemas menjadi sebuah faktor yang memotivasi turis berbelanja yaitu others. Maka dari itu untuk menjawab semua masalah yang ada, maka metode analisis yang dipakai adalah uji validitas & realibilitas, uji normalitas, uji deskriptif, uji korelasi spearman dan uji kruskal-wallis. Hasil dari analisis tersebut bahwa faktor others yang paling memotivasi turis Malaysia dalam berbelanja produk fashion ke Bandung, kemudian variabel hedonic dan others merupakan variabel yang saling berpengaruh signifikan, serta banyak kesamaan motivasi turis Malaysia dilihat dari jenis turis dan demografi. Kata Kunci: Hedonic, Utilitarian, Others dan Motivasi  

Deskripsi Alternatif :

Indonesia has many types of tourism that makes foreign tourists made Indonesia as one of the favorite places to travel. Bandung is one of favorite tourist destinations. There are many tourists who visit Bandung each month during the year 2013. Most of the tourists who visit bandung is tourists from malaysia. Malaysian tourists likes shopping place in Bandung such as factory outlets, Cibaduyut and Pasar Baru Trade Center. Thus, this research aims to know the factors which motivate Malaysian tourist shopping to Bandung, knowing the factors that have a close associated and knowing the difference of motivation between shopping tourists and tourism shoppers as well as differences in terms of demographics of respondents. According to Babin et al. suggested that the motivation is divided in two categories are hedonic and utilitarian, and Sundstrom and Lundberg stated that there were other factors that motivate the tourists to shop is associations made with the destination and experience of the destination and Valle stated that satisfaction of the destination as the tourists motivating factor to shop. These three things are packed into a factor that motivate tourists to shop is others. Therefore to answer all the problems that exist, the analysis methods that used is test validity & reliability, test of normality, descriptive test, spearman correlation test and kruskal-wallis test. The result of the analysis is that the others are the most variable tha motivating Malaysian tourist in shopping fashion products to Bandung, then variable hedonic and others are variables that mutually significant influential, and many similarity of Malaysian tourist motivation if see from types of tourist and demographics. Keywords: Hedonic, Utilitarian, Others and Motivation

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Drs. Dwi Suhartanto, MCM., Ph.D., Editor: Erlin Arvelina

Download...