Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2014

Pengaruh Iklan Dan Public Relations Terhadap Kesadaran Merek Dan Minat Beli Konsumen Produk Pelumas PT Pertamina (Persero) (Studi pada Kota Bandung Dan Sekitarnya)

An Influence of Advertising and Public Relations toward Consumer's Brand Awareness and Purchase Intention on Lubricant Product of PT. Pertamina (Persero) (Study on Bandung)

Tugas Akhir, 003 / 2014 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-05-04 15:34:15
Oleh : Ratna Rianti - 115231020 (riantiratna@gmail.com)
Dibuat : 2018-05-04, dengan 4 file

Keyword : Iklan, Public Relations, Kesadaran Merek dan Minat beli
Subjek : Advertising, Public Relations, Brand Awareness and Purchase Intention

Banyaknya produsen pelumas yang ada di Indonesia membuat persaingan semakin ketat, PT Pertamina (Persero) sebagai salah satu produsen pelumas tentu harus memiliki strategi agar dapat bersaing dengan pesaing yang lainnya. Dan PT Pertamina (Persero) harus membuat para pengguna sepeda motor memiliki kesadaran terhadap merek pelumas milik PT Pertamina (Persero) dan mengetahui faktor apa yang dapat mempengaruhi minat beli para pengguna sepeda motor tersebut. Pada penelitian kali ini penulis akan menganalisis pengaruh beberapa faktor yaitu iklan dan Public Relation terhadap kesadaran merek dan minat beli. Dan penulis akan mengumpulkan data berupa data primer yang berasal dari majalah, buku dan website perusahaan serta data sekunder yang diperoleh dari responden melalui penyebaran kuesioner. Pada penelitian ini dilakukan pengujian hipotesa, untuk mengetahui seberapa erat hubungan dan besarnya pengaruh anatara variable independent terhadap variable intervening dan variable dependen. Setelah melakuakn analsis dari hasil pengujian, maka terdapat hubungan antara iklan terhadap kesadaran merek dan minat beli serta adanya hubungan antara Public Relations dengan minat beli. Selanjutnya, Iklan dan Public Relations sebagai salah satu alat promosi yang digunkan PT Pertamina (Persero) hanya dapat mempengaruhi sebesar 21,9% terhadap kesadaran merek. Sedangkan iklan dan Public Relations dan minat beli konsumen yang ditimbulkan dari kedua alat promosi tersebut dapat mempengaruhi minat beli sebesar 69,5%. Kata kunci: Iklan, Public Relations, Kesadaran Merek dan Minat beli.

Deskripsi Alternatif :

The large amount of lubricant manufacturers in Indonesia makes the tight competition. PT Pertamina (Persero) as one of the lubricant manufacturers must have a strategy to compete with other competitors. And PT Pertamina (Persero) should make the consumer has an awareness on their lubricant's brand, and find out the factors that can influence the consumer's purchase intention. In this study the authors analyzed the influence of several factors such as advertising and public relations to brand awareness and purchase intention. And the author collected data from primary data found from magazines, books and company's websites. And secondary data were collected from the respondents through questionnaires. In this research, the authors did hypothesis testing, to determine how closely the relationship and the influence of the independent variable and intervening variable to dependent variable. After analyzing the test results, there was a relationship between advertising on brand awareness and purchase intention. There was the relationship between Public Relations with purchase intention as well. Furthermore, Advertising and Public Relations as one of the promotional tools used by PT Pertamina (Persero) can only affect 21,9% on brand awareness. And, advertising and public relations and consumer purchase intention as result from both a promotional tool can affect purchase intention at 69,5%. Keywords: Advertising, Public Relations, Brand Awareness and Purchase Intention.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakHelmi Purwanti
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorhelmi.purwanti@polban.ac.id
E-mail CKOhelmi.purwanti@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Drs. Iwan Mulyawan, M.B.A., Editor: Erlin Arvelina

Download...